Tips Sehat Puasa Ramadhan

04:54 0 Comments A+ a-

Tidak terasa kita kembali memasuki bulan ramadhan. Pada bulan ini pola kegiatan sehari-hari sedikit banyak berubah, karena intensitas ibadah kita yang semakin meningkat. Bagi sebagian orang mungkin instansi tempat bekerja memberlakukan aturan khusus pengurangan jam kerja selama puasa. Namun banyak juga yang tidak memberlakukan aturan tersebut, yang itu berarti kegiatan berlangsung seperti hari-hari biasa tanpa ada perubahan sedikitpun. Selain pengaturan waktu yang baik, tentunya kita harus pintar dalam mengatur asupan gizi untuk sumber energi aktivitas harian kita.

Berikut ini beberapa tip agar kita tetap sehat selama  puasa :
1. Akhirkanlah sahur menjelang imsak.
Merupakan pengamalan sunnah Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam. Anas radhiallahu ‘anhu meriwayatkan dari Zaid bin Tsabit radhiallahu ‘anhu :
“Kami makan sahur bersama Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, kemudian beliau shalat.” Aku tanyakan ( kata Anas ), “Berapa lama jarak antara adzan dan sahur ?” Zaid menjawab, “Kira-kira 50 ayat membaca al Quran”.
Perintah di atas sangat ditekankan untuk dilaksanakan, terlihat dari hadits –hadits yang menunjukkan tentang perintah dan keutamaan dari sahur tersebut.

2. Sahurlah dengan menu seimbang, lengkapi dengan buah dan sayur. Sayur merupakan sumber serat yang membantu pencernaan.

3. Minumlah air putih dalam jumlah cukup saat sahur, karena selama kurang lebih 12 jam  kita tidak akan mendapat asupan cairan. Asupan cairan tidak hanya di dapat dari minuman tetapi juga dari buah-buahan seperti melon, semangka, jambu air, mentimun atau kelapa. Buah-buahan tersebut juga mengandung serat, vitamin dan mineral yang sangat menunjang metabolisme tubuh.

4. Bagi penderita maag, pilihlah makanan yang bertekstur lembut sehingga aman bagi lambung. Sehabis menyantap sahur jangan langsung tidur terlentang yang akan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan mual. Mintalah saran dokter bila anda ingin minum obat maag setiap pagi saat sahur.

5. Segeralah berbuka bila waktunya sudah tiba, jangan menunda-nunda. Ini merupakan pengamalan sunnah Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam.
Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka”.
Bila anda dalam perjalanan biasakan untuk membawa persediaan snack atau minuman, agar dapat berbuka tepat pada waktunya.

6. Berbuka dengan makanan yang dicontohkan oleh Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam. Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, ( ia berkata ) : “Adalah Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam berbuka dengan kurma basah ( ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan korma kering ( tamr ), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air”.

7. Berbukalah dengan makanan yang dapat menggantikan cairan dan elektrolit tubuh, seperti blewah yang diberi perasan jeruk limau. Slogan yang sering kita dengar “berbukalah dengan yang manis”, tidaklah sepenuhnya benar. Ketika seharian tubuh kita tidak mendapatkan asupan nutrisi dan tiba-tiba kita mengkonsumsi makanan manis apalagi dalam jumlah banyak, maka kadar gula darah akan  naik secara drastis      dan hal tersebut memperberat kerja dari hormon  insulin.

8. Bagi anda yang menderita penyakit Diabetes,  pantau gula darah anda secara berkala. Sebaiknya sahur dengan menu karbohidrat kompleks yang  mana penyerapannya akan berlangsung perlahan. Selain itu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan  kaya serat  dan  protein. Mintalah saran dari dokter anda untuk terapi obat gula dan ahli gizi untuk pengaturan menu makanan.

Selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat !

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...