RAINBOW CAKE KUKUS

Cantiknya rainbow cake, menggoda siapa saja yang melihatnya. Cake ini tenar sekali ya, dari mulai bakery shop, shoping mall dan supermarket menjual cake ini. Dan tidak ketinggalan para pecinta kuliner juga mencoba membuatnya. Saya sendiri sudah terhitung ketinggalan ya, baru mencoba membuatnya sekarang. Soalnya pertama kali lihat resepnya sudah malas duluan, mengingat harus ada 6 warna adonan ( mejikuhibiu ) yang harus dipanggang terpisah. Secara di rumah oven juga kecil, pasti mengatur waktu untuk ovennya agak sulit.

Nah, kalau rainbow cakenya dikukus lain lagi ceritanya. Tidak perlu takut gosong, yang penting dandang pengukus tidak kehabisan air. Saya pakai resep Rainbow Cake Kukus darinya RIndu Suwandono. Karena baru pertama kali mencoba, saya membuat setengah resep. Dibuat langsung berlapis di loyang kotak ( cara sesat, nih ). Oya, gulanya saya kurangi sesuai selera saya. Berikut resep ala saya :

Rainbow Cake Kukus

Bahan-bahan :
4 butir telur
125 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
140 gr tepung terigu
150 ml minyak sayur
pewarna/pasta sesuai selera
( saya memakai pasta stroberi, orange dan pandan )

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang ( 18x18x6 ) oles margarin, alasi kertas roti.
  2. Kocok telur dan gula hingga kental saja ( tips : tidak sampai berjejak )
  3. Masukkan terigu sambil diayak, aduk balik rata.
  4. Masukkan minyak sayur, aduk rata ( bila kurang rata, maka minyak akan mengendap dan menyebabkan cake menjadi bantat)
  5. Bagi adonan menjadi 3 bagian, beri pasta.
  6. Tuang adonan pertama ke dalam loyang, kukus 10 menit.
  7. Lanjutkan dengan warna berikutnya hingga selesai, kukus  hingga adonan matang.

Karena hanya setengah resep hasil cake ini pendek, tingginya sekitar 3 cm. Tapi cukup puas, walaupun tanpa dihias apa2, cake ini cukup enak.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸