Putri Salju Keju

Sebenarnya ini cerita sebelum lebaran. Pas lagi semangat-semangatnya bikin kue kering, eh dapat tambahan resep favorit dari kakak ipar yaitu Putri Salju Keju. Sebenarnya memang mau buat Putri Salju, tapi yang campurannya kacang mede. Katanya Putri Salju Keju ini rasanya enaak. Jadi ya udah, tidak ada salahnya untuk dicoba. Berikut resepnya :

Bahan-bahan :
300 gr mentega, 100 gr margarin
( saya modifikasi menjadi 250 margarin dan 150 mentega )
1/2 sdt vanili
500 tepung terigu protein rendah
50 gr maizena
50 gr keju parut

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang, oles margarin tipis-tipis.
  2. Kocok margarin, mentega dan vanili hingga lembut.
  3. Masukkan bahan-bahan lainnya, aduk rata dengan sendok kayu. Simpan adonan di kulkas 1/2 jam.
  4. Sendoki dengan sendok kecil, bentuk bulat-bulat, tata dalam loyang, beri jarak.
  5. Panggang 160 derajat hingga matang.
  6. Hangat-hangat gulingkan dalam gula bubuk. Saat dingin gulingkan dalam gula donat. ( Saya tabur/ayak gula halus saat masih panas, setelah dingin saya gulingkan dalam gula donat )

Karena baru pertama kali, saya bikin 1/2 resep saja, tapi kejunya pakai yang kemasan kecil 35 gram, semuanya saya pakai. Hasilnya 50 buah kukis. Kalau nyendoki adonannya satu sendok kecil penuh, menurut saya hasilnya agak kegedean. Kalau dikecilin lagi, kayaknya lebih cakep. Rasanya manis di luar, keju di dalam, cenderung asin malah.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸