PRIVE URI-CRAN SOLUSI TEPAT ATASI ANYANG-ANYANGAN

Prive Uricran

Anyang-anyangan, istilah ini sangat familiar di masyarakat kita. Gejalanya yang khas yaitu sakit buang air kecilmeningkatnya frekuensi buang air kecil, dan air kemih susah keluar sangat mengganggu aktivitas dan menimbulkan ketidaknyamanan. Kebanyakan gejala ini dialami kaum wanita walaupun ada juga kaum laki-laki yang mengalami.

Saya sendiri beberapa kali mengalami anyang-anyangan saat masih anak-anak. Gejalanya muncul saat malam hari yaitu adanya hasrat ingin buang air kecil tapi air kemih susah keluar. Berkali-kali buang air kecil tapi air kemih hanya keluar sedikit-sedikit disertai rasa sakit dan perih di area kewanitaan.
Prive Uri-cran Mengatasi Anyang-anyangan
gejala anyang-anyangan

Meskipun sering terjadi, masih banyak yang belum tahu apa sebenarnya anyang-anyangan dan cara mengatasi susah buang air kecil akibat anyang-anyangan seperti yang saya alami tersebut. Kebanyakan mengandalkan banyak minum air putih saja sementara sebagian lainnya memilih untuk membiarkan hingga sembuh dengan sendirinya. 

Malah waktu saya kecil dulu, orang-orang tua di daerah saya punya cara mengatasi anyang-anyangan yang unik. Ada yang mengikat jempol kakinya dan ada pula yang menyuruh kita mengoles pusar dengan kapur sirih. Karena masih kecil dan tidak tahu apa sebenarnya penyebab anyang-anyangan, waktu itu saya menurut saja saat disuruh melakukan tindakan-tindakan tersebut. He ...

Fakta Tentang Anyang-anyangan

Anyang-anyangan adalah gejala akibat adanya masalah pada saluran kemih bagian bawah khususnya masalah dalam penyimpanan air seni di kandung kemih. Dalam dunia kedokteran istilah ini biasa disebut dengan infeksi saluran kemih.

Fakta menunjukkan bahwa wanita lebih sering menderita anyang-anyangan daripada laki-laki. 5 dari 10 wanita pernah mengalami gejala anyang-anyangan dan beresiko mengalami kondisi ini berulang kali hingga bertahun-tahun.

Gejala anyang-anyangan yang dirasakan tiap orang memang bisa berbeda-beda dan kadang tidak spesifik. Tetapi bila anda mengalami beberapa kondisi berikut ini, ada indikasi bahwa anda mengalami masalah di saluran kemih dan harus segera mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya   :
  • keinginan kuat untuk buang air kecil tapi susah keluar.
  • frekuensi lebih sering, tapi volume air kemih hanya sedikit.
  • sakit buang air kecil atau terasa perih saat buang air kecil.
  • nyeri pada panggul bila terjadi pada wanita.
  • jika dialami oleh pria akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  • urine berbau menyengat, lebih pekat dan kadang-kadang mengandung darah.
  • merasa lelah dan kurang sehat.
  • demam bila terjadi infeksi yang lebih lanjut.

Penyebab Anyang-anyangan

Penyebab paling sering dari anyang-anyangan adalah infeksi saluran kemih oleh bakteri E. Coli ( 80 - 85 % kasus ). Bakteri ini adalah bakteri yang banyak ditemukan di usus besar dan saluran cerna. Jika kebersihan diri kurang terjaga, bakteri ini dapat berpindah dari daerah anus ke lubang kemih kemudian berkembang menjadi infeksi saluran kemih.

Dalam hal ini wanita lebih beresiko mengalami infeksi saluran kemih dibanding laki-laki karena uretra wanita lebih pendek dari laki-laki dan letak anus dan lubang kemih pada wanita yang berdekatan sehingga menyebabkan kuman lebih mudah berpindah dari anus ke saluran kemih. Selain itu wanita yang mengalami keputihan sangat rentan mengalami infeksi saluran kemih oleh bakteri Chlamydia ( bakteri yang banyak terdapat pada vagina wanita ).


Selain diakibatkan oleh infeksi saluran kemih, beberapa kondisi berikut ini dapat menyebabkan seseorang beresiko  lebih besar mengalami anyang-anyangan :
  • penderita diabetes
  • gangguan prostat
  • perubahan hormon pada kehamilan dan masa menopause
  • kurangnya menjaga kebersihan daerah kewanitaan
  • penggunaan alat KB
  • dehidrasi
  • penderita batu ginjal
  • orang yang terpasang kateter untuk kemih
  • minum miuman yang bersifat diuretik seperti alkohol, teh atau kopi.
( Lihat lebih lengkap penjelasan mengenai berbagai kondisi penyebab anyang-anyangan ini di website Uri-cran. )

Proses Terjadinya Anyang-anyangan

Secara garis besar saluran kemih bermula dari : ginjal ureter-kandung kemih lalu uretra sebagai bagian paling ujung.

Saat kuman bakteri atau jamur masuk melalui lubang kemih, kuman ini dapat menempel dan berkembang biak di saluran kemih bagian bawah ( uretra dan kandung kemih ). Inilah yang menjadi penyebab sakit saat buang air kecil, rasa selalu ingin buang air kecil, rasa perih dan air kemih berwarna keruh dan berbau menyengat.
Prive Uri-cran Mengatasi Anyang-anyangan

Perbandingan panjang uretra laki-laki dan wanita.
Tanda panah menunjukkan arah masukknya kuman ke saluran kemih bagian bawah.

Bila infeksi saluran kemih di bagian bawah tidak tertangani, infeksi dapat menjalar ke saluran kemih bagian atas ( ureter dan ginjal ), yang dapat menyebabkan masalah serius seperti kerusakan ginjal dan mengganggu fungsinya. Pada kondisi ini sering muncul gejala demammual dan nyeri di bagian punggung samping.

Tips Mencegah Anyang-anyangan

Anyang-anyangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur sangat erat kaitannya dengan faktor kebersihan diri. Berikut ini beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk mencegah kuman masuk dan berkoloni di saluran kemih :

1. membilas dengan benar

Pada wanita, letak anus dan lubang kemih yang berdekatan menyebabkan kuman mudah berpindah dari anus ke lubang kemih. Membilas dari depan ke belakang saat kita buang air adalah cara yang benar untuk menghindarkan berpindahnya kuman dari anus ke saluran kemih.

2. menjaga kebersihan

Kuman yang ada di daerah organ intim dapat masuk ke saluran kemih saat berhubungan seksual. Bahkan pernah ada anggapan kalau ISK itu penyakitnya pengantin baru. Nah, jangan sampai itu terjadi pada kita ya.
Tidak hanya pengantin baru saja, bagi setiap pasangan hendaknya membersihkan organ intim dengan air bersih sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual. Dan yang perlu diperhatikan, tidak disarankan membersihkan organ intim dengan sabun karena dapat mempengaruhi pH ( keasaman ) di daerah organ intim, utamanya pada wanita.

3. tidak menggunakan celana dalam ketat

Kuman terutama jamur sangat menyukai suasana hangat dan lembab. Kebiasaan menggunakan celana dalam yang ketat dapat menyebabkan kuman berkembang biak di daerah kewanitaan. Terlebih pada wanita yang mengalami keputihan, kebiasaan ini harus dihindari.

4. mandi dengan air mengalir

Mandi dengan air mengalir dapat meluruhkan kuman yang ada di badan kita. Sedangkan mandi rendam ( bath up ) menyebabkan kuman tinggal bersama air rendaman dan berpotensi menempel dan masuk ke lubang kemih.

5. personal hygiene di fasilitas umum

Air yang tercemar dan toilet yang kurang bersih dapat menjadi tempat berkembangnya kuman. Jangan segan untuk membawa tisu atau handuk kecil ketika hendak buang air kecil di toilet umum atau fasilitas umum lainnya. Bila perlu bersihkan dudukan closet sebelum memakainya dan biasakan mencuci tangan dengan benar sebelum dan sesudah membersihkan diri.

6. jangan menahan kemih

Adakah yang hobi menahan kemih ?
Pengosongan kandung kemih adalah salah satu mekanisme alami untuk membersihkan kantung kemih ( membuang urine dan bakteri yang ada ). Saat seseorang menahan kemih artinya memberikan lebih banyak waktu bagi kuman untuk menempel dan berkoloni. Jadi sesibuk apapun kita, sempatkan beberapa menit untuk mengosongkan kandung kemih kita ya.

Cara Mengatasi Anyang-anyangan Tepat Dan Efektif

Tidak salah bila dikatakan bahwa minum air putih adalah salah satu cara mengatasi susah buang air kecil dan mengatasi gejala anyang-anyangan yang sederhana dan alami. Pada ginjal yang sehat, asupan air putih diperlukan agar ginjal berfungsi optimal, produksi urine lancar dan pengosongan kandung kemih berjalan sebagai mana mestinya. Hal ini akan meminimalkan resiko seseorang terkena infeksi saluran kemih penyebab anyang-anyangan.

Tapi apakah minum air putih saja cukup, mengingat bakteri juga berpotensi menempel dan berkoloni di dinding saluran kemih ?


Selain mencukupi kebutuhan air putih, rajin mengkonsumsi buah Cranberry adalah pilihan tepat untuk mengatasi susah buang air kecil akibat anyang-anyangan. Cranberry mengandung Proanthocyanidins ( PAC ), antioksidan yang bermanfaat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Selain itu antioksidan ini juga memiliki sifat anti adhesi yang membuat bakteri tidak menempel pada saluran kemih. 
Buah Cranberry Bermanfaat Mengatasi Anyang-anyangan
Buah Cranberry

Sejak jaman nenek moyang suku India kuno Cranberry telah digunakan untuk berbagai macam pengobatan. Buah Cranberry mengandung vitamin C, kaya serat, mineral, flavonoid antosianidin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mencegah penyakit kanker. 


Kini ekstraknya mulai digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Dan pada April 2004, lembaga pengawasan obat dan makanan Peracis, AFSSA mengijinkan jus buah Cranberry sebagai anti bakteri untuk kesehatan saluran kemih.
Prive Uri-cran Mengatasi Masalah Anyang-anyangan

Manfaat yang terkandung dalam buah Cranberry sangatlah banyak. Tapi sayangnya buah ini tak mudah ditemukan di pasaran kita. Kalaupun ada pasti harganya mahal dan belum tentu kita bisa mengolah buah yang rasanya asam-pahit ini menjadi minuman yang enak dikonsumsi. Apalagi untuk mengatasi anyang-anyangan disarankan minum jus Cranberry ini sebanyak 2 gelas/ hari ( @ 150 ml ) selama 10 hari. Lumayan banyak bukan ?

Prive Uri-cran,  Ekstrak Cranberry Untuk Mengatasi Anyang-anyangan

Tapi kini kita tak perlu lagi mencari dan mengolah buah Cranberry untuk mengatasi anyang-anyangan karena khasiat buah Cranberry dapat kita temukan dalam Prive Uri-cran.

Prive Uri-cran adalah produk dari Combiphar yang berisi ekstrak buah Cranberry untuk mengatasi anyang-anyangan dan memelihara kesehatan saluran kemih.
Prive Uri-cran Dan Prive Uri-cran Plus Mengatasi Anyang-anyangan

Apa saja kelebihan dari Prive Uri-cran dari Combiphar ?
  • kemasan yang praktis
    Prive Uri-cran dalam sediaan kapsul dan powder sachet yaitu mudah untuk disimpan di rumah atau dibawa dalam perjalanan.
  • minuman seluruh keluarga
    Prive Uri-cran dapat juga diminum oleh anak-anak ( di atas 3 tahun ) dengan dosis setengah dosis orang dewasa.
  • tidak menyebabkan resistensi kuman karena bukan golongan antibiotik.
  • aman untuk dikonsumsi karena telah mengantungi ijin dari BPOM.
  • Prive Uri-cran Plus tersaji dalam bentuk minuman segar yang menyenangkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan dewasa.
Dan menurut informasi yang saya dapat dari Facebook Page Uri-cran, produk ini telah mendapat sertifikat halal dari negara tempatnya diproduksi dan di Indonesia sedang dalam proses untuk mendapatkannya. Nah, jadi tidak perlu ragu ya untuk mengkonsumsi Prive Uri-cran.

Prive Uri-cran ini tersedia dalam dua sediaan yaitu kapsul dan powder sachet.

1. Prive Uri-cran

Prive Uri-cran dalam sediaan kapsul mengandung 250 mg ekstrak Cranberry. Tersedia dalam kemasan box berisi 3 blister ( @ 10 kapsul ) dengan anjuran dosis 1-2 kapsul / hari.

Sediaan kapsul ini praktis karena tinggal telan dengan sedikit air atau makanan. Bisa dibawa saat bepergian dan sewaktu-waktu diminum dalam perjalanan untuk mengatasi anyang-anyangan.

Prive Uri-cran Mengatasi Anyang-anyangan

2. Prive Uri-cran Plus

Prive Uri-cran Plus dalam sediaan powder sachet mengandung 375 mg ekstrak Cranberry dan probiotik ( bakteri baik ) yang bermanfaat menjaga kesehatan saluran kemih. Tersedia dalam kemasan box berisi 15 sachet, dengan anjuran dosis 1 - 2 sachet / hari.

Prive Uri-cran Plus disajikan dengan menambahkan air putih menjadi minuman segar yang enak untuk dikonsumsi. Bentuk minuman ini juga lebih mudah diberikan kepada anak-anak karena jauh dari kesan minum obat.
Prive Uri-cran Mengatasi Anyang-anyangan

Saya pribadi lebih menyukai sediaan powder sachet yang disajikan dalam bentuk minuman segar dibanding sediaan kapsul. Rasa manis sedikit asam dari Prive Uri-cran Plus tidak membuat orang enggan untuk meminumnya kembali. Dan selain manfaat ekstrak Cranberry dan pro biotik yang ada dalamnya, air dalam minuman ini juga ikut andil memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dua kombinasi yang pas untuk mengatasi gejala anyang-anyangan.

Tapi apapun pilihannya, Prive Uri-cran dan Prive Uri-cran Plus menghadirkan manfaat buah Cranberry untuk mengatasi anyang-anyangan, mengatasi susah buang air kecil dan memelihara kesehatan saluran kemih.
Prive Uri-cran Solusi Mengatasi Anyang-anyangan
perbandingan komposisi prive uri-cran dan prive uri-cran plus

"Anyang-anyangan Jangan Disepelekan". Saya sangat setuju dengan tagline dari Prive Uri-cran ini. Bila tidak ditangani dengan tepat, anyang-anyangan dapat meyebabkan masalah yang lebih serius. Karena itu bila anda mengalami gejala anyang-anyangan, pastikan untuk melakukan tindakan yang tepat untuk mengatasi anyang-anyangan. Jagalah kebersihan diri, minum air putih yang cukup dan minum Prive Uri-cran yang telah terbukti menghambat pertumbuhan bakteri di saluran kemih.

Bila gejala anyang-anyangan disertai demam, mual dan nyeri punggung samping, berkonsultasilah dengan tim medis. Pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan untuk memastikan penyebab anyang-anyangan dan menentukan terapi antibiotik untuk mengatasi anyang-anyangan.

Prive Uri-cran dan Prive Uri-cran Plus bisa didapatkan di :

Prive Uri-cran Mengatasi Anyang-anyangan

Referensi :
- Wikipedia

10 comments:

  1. Saya suka Prive-Uricran. Rasanya segar dan manis. Kita juga bisa bebas anyang-anyangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Dan selain mengandung ekstrak Cranberry juga sebagai pelepas dahaga.

      Delete
  2. Pernah beberapa kali kena anyang-anyangan ini. Sakitnya mengganggu banget. Apalagi kalo di luar rumah. Dulu sih cuma didiemin aja sampai sembuh. Gak tahu obatnya sih. Sekarang Alhamdulillah tahu. Jadi bisa jaga2. TFS...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mbak. Anyang-anyangan kadang muncul tak terduga. Sangat bijaksana menyimpan Prive Uri-cran untuk berjaga-jaga.

      Delete
  3. memang harus waspada dengan anyang-anyangan ini mbak
    aku juga konsumsi prive uricran
    walaupun lagi hamil tetap aman di minum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip Mbak. Harus lebih berhati-hati memang, karena saat hamil akan lebih rentan terkena anyang-anyangan.

      Delete
  4. Mbak, kalau sudah anyang-anyangan, pekerjaan juga jadi enggak fokus ya. Berkali-kali ingin berkemih tapi enggak tuntas keluarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, apalagi kalau pas berada di luar rumah atau di kantor, akan lebih ribet jadinya.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸