Artikel Pertamaku di VIVAlog

Mempunyai blog dengan banyak pengunjung, pasti merupakan keinginan para blogger. Tapi tentunya itu tidak mudah. Apalagi bagi saya. Blog saya yang berisi resep-resep dapur, bukanlah termasuk jenis blog yang banyak peminatnya. Saat membaca blog dengan ribuan pengunjung, saya selalu terkagum-kagum dan bertanya, bagaimana ya caranya. Ternyata semua ada tip dan triknya. Selain kualitas artikelnya harus bagus, salah satu caranya adalah submit artikel blog kita ke portal berita besar, misal VivaLog. Namun untuk submit artikel di sana tidaklah mudah, artikel kita harus orisinil dan unik. Hmm, jadi penasaran ingin mencobanya.

Benarlah ungkapan bila tidak dicoba, kita tidak akan pernah tahu. Saya yang masih pemula kepingin juga blognya dibaca banyak orang. Ingin berbagi pengetahuan dan syukur-syukur bila itu bermanfaat. Dan adalah sesuatu yang menantang saat artikel kita dibaca banyak orang.

Pertengahan Januari lalu saya mulai belajar menulis artikel. Materi artikel adalah pengalaman sendiri, sedangkan teknisnya belajar dari para blogger senior yang begitu baik membagikan ilmunya. Dari para blogger tersebut saya belajar tentang traffic blog, menulis artikel, cara submit blog di portal berita besar seperti VIVAnews dan berbagai tips lainnya. Tidak hanya lewat blognya, para blogger senior juga berbaik hati menjawab pertanyaan2 yang saya kirim melalui email.

Saya memilih topik tentang kuliner, khususnya kue-kue, sesuai dengan blog saya yang berisi resep-resep dapur. Dan tentu saja karena saya tidak menguasai bidang lainnya, he. Setelah mengumpulkan bahan dan menyusun tulisan, jadilah sebuah artikel berjudul Jajanan Unik Nusantara. Cukup lama juga menyelesaikan tulisan ini sampai akhirnya tadi pagi sekitar jam 08.00 saya beranikan untuk submit artikel tersebut ke VIVAlog ( sambil berpikir ...diterima tidak ya dan kapan munculnya ).

Siangnya sekitar jam 12.00 saya teringat submit artikel tadi pagi. Iseng-iseng saya buka statistik blog ( walaupun tidak yakin kalau artikelnya sudah dimuat ). Tercatat di statistik penayangan hari ini mencapai  angka 50 dan artikel Jajanan Unik Nusantara adalah artikel blog saya yang paling sering dilihat. Dan situs perujuknya adalah VIVAnews.com. Alhamdulillah, senangnya hati ini, ternyata artikel yang saya kirim tadi pagi sudah dimuat.

Dan benar saja, ketika saya buka situs Vivanews, artikel kiriman saya ada di sana. Dan beberapa menit kemudian angka penayangan di statistik mencapai 70an. Bagi blogger senior mungkin angka ini tidaklah seberapa, tapi bagi saya ini bermakna sekali, karena hari-hari sebelumnya blog saya hanya beberapa kali tayang saja. Dan ini adalah pertama kalinya saya menulis artikel kemudian di submit ke portal berita besar.


Malam ini penayangan blog saya mencapai angka 100 lebih dan itu membuat saya semakin semangat untuk menulis kembali. Mencari ide tulisan dulu ah ...

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸