OVENKU OVEN TANGKRING II

Ini sedikit tambahan info tentang oven tangkring saya, yang selama ini menjadi alat baking andalan untuk belajar baking.


Ketika dibeli, oven ini dilengkapi dengan 2 loyang tipis dan satu rak kawat ( seperti gambar ). Ukuran loyang dan raknya pas sekali dengan luas ovennya. Rak ini berfungsi untuk menaruh loyang adonan saat dipanggang. Sedangkan loyangnya lebih berfungsi sebagai tatakan kalau memanggang masakan yang ada tetesan bumbu, misalnya ayam panggang. Atau cocok juga untuk memanggang kue kering karena memang tipis saja.


Masalahnya, hanya ada satu rak saja. Sementara saat membuat roti ataupun cake dengan jumlah agak banyak, dibutuhkan 2 rak untuk menaruh loyang di bagian atas dan bawah.


Rak ini tidak bisa digantikan oleh loyang bawaan, karena loyang yang ukurannya sama dengan oven akan menutupi jalannya panas yang berasal dari bagian bawah belakang oven. Sedangkan rak kawat ini memungkinkan kita menaruh loyang adonan tanpa menghalangi jalannya panas dari bawah.

Dan ternyata tidak mudah lho mencari rak kawat tambahan untuk oven ini. Suatu kali di facebook, saya temukan produsen loyang yang menerima pesanan sesuai keinginan pembeli. Setelah kontak dengan penjual, saya kirimkan gambar rak ini untuk dibuat. Saya berpikir bisa pesan 3 buah loyang saja. Tapi beberapa hari kemudian, saya diberitahu bahwa minimal pemesanan satu lusin. Wah, kalau satu lusin terlalu banyak. Akhirnya saya batal beli.

Hingga saat ini saya belum tahu di mana harus membeli rak kawat ini. Saat butuh memanggang dengan 2 tingkat, saya mencari loyang yang bisa di taruh di oven tapi belakangnya masih ada sela untuk jalannya panas. Untuk sementara ini masalah masih bisa teratasi, dan oven saya dapat difungsikan dengan maksimal.
Baca juga : Peralatan Baking.
      

1 comment:

  1. Pengaruh ga ke rasa kuenya kl pake pasir di dlm oven

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸