BOLU SAKURA

Bolu sakura itu simple bahannya. Cara membuatnya juga terhitung mudah. Tapi tetap harus tahu tekniknya supaya nggak bantat. Beberapa resep bolu sakura yang pernah saya baca tidak menggunakan emulsifier. Padahal pengalaman saya sendiri pernah membuat bolu sakura tanpa emulsifier, adonan yang antri dikukus belakangan ada yang bantet.

Bolu sakura saya ini juga pakai emulsifier. Di resep aslinya tidak menggunakan emulsifier, tapi saya ngeyel pakai emulsifier karena takut ada yang bantat. Resepnya saya ambil dari buku seri masak Primarasa dengan sedikit modifikasi. 


Bahan-bahan :
2 butir telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt emulsifier
225 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder ( ayak bersama terigu )
50 gr margarine, lelehkan
karamel : 150 gula pasir, 150 ml air

Cara membuat :
  1. Siapkan cetakan sakura, oles dengan margarine tipis ( tipis tapi harus rata ya ! ).
  2. Panaskan dandang pengukus.Buat karamel : lelehkan 150 gr gula pasir dengan wajan anti lengket hingga kecoklatan dan menjadi karamel, tambahkan air bertahap, didihkan hingga semua gula larut.
  3. Kocok telur bersama sisa gula pasir dan emulsifier hingga kental.
  4. Masukkan campuran terigu bertahap, bergantian dengan karamel dan mentega leleh, aduk melipat hingga rata.
  5. Tuang di cetakan sakura hingga ¾ penuh, kukus kurang lebih 20 menit.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸