BOLU KUKUS MEKAR...OH BOLU MEKAR

Gagal membuat bolu mekar, sudah banyak yang mengalami. Bolu mekar enggak mau ketawa atau malah bantat, pasti bikin penasaran. Tapi bagaimana kalau dulu sudah pernah sukses membuat bolu mekar ketawa ( walaupun enggak ngakak ) dan sekarang gagal lagi. Itu baru bener2 bikin penasaran.

Sebenarnya ingat lagi sama bolkus mekar itu karena ada mikser baru di rumah. Ingin sekali menguji mikser baru untuk berbagai keperluan, termasuk membuat bolu mekar. Setelah mereview lagi tip membuat bolu mekar yang saya tulis sendiri, he, maka dicoba lagi membuat bolu mekar ini sekaligus mencoba mikser baru.

Dulu saya memakai resep bolkus mekar tanpa emulsifier, karena saat itu saya belum menemukan emulsifier yang halal. Tapi sekarang sudah ada emulsifier yang halal, jadi bisa ikut memakainya walaupun dalam jumlah yang sedikit saja.

Dan kali ini saya mencoba menggunakan metode all in one, yaitu dengan mengocok semua bahan bersama-sama. Dan hasilnya, bentuknya bikin geli. Bolkusnya memang mekrok, tapi agak bantat dan bagian bawah agak menciut setelah dingin. Bentuk dan tekstur yang aneh. Dan saya tidak merasakan nikmat kala memakannya.
Entah salahnya dimana. Bisa jadi karena saya hanya memakai emulsifier 1 sdt, sedang dalam resep 1 sdm. Mungkin sih ...

Bolu Kukus Mekar
Bolu kukus dengan metode all in one

Jujur saya tidak mau lagi mencoba metode all in one ini. Di lain waktu saya mencoba membuat bolu mekar lagi dan memakai cara yang biasa saya pakai yaitu mengocok telur dan gula hingga kental dan baru mmemasukkan bahan-bahan lainnya.
Resepnya seperti di bawah ini :

Bahan – bahan :
2 butir telur
225 gr gula pasir ( saya giling dengan blender agar lebih halus )
1 sdt penuh emulsifier
250 gr terigu segitiga
160 ml sprite
pewarna makanan sesuai selera

Cara membuat :
  1. Kocok telur, gula dan emulsifier hingga putih dan kental ( saya kurang lebih 10 menit ).
  2. Masukkan terigu dan sprite bergantian dalam 2 tahapan, aduk balik hingga rata.
  3. Ambil sebagian adonan, beri warna sesuai selera.
  4. Tuang adonan putih ke dalam cetakan, taruh adonan warna di atasnya hingga hampir penuh.
  5. Kukus hingga matang kurang lebih 25 menit. 

Dan hasilnya, lumayan mekar ...

Bolu Kukus Mekar

Oya bolu mekar ini ngukusnya pakai dandang yang beda dengan sebelumnya, karena dandang lama rusak, akhirnya beli baru dan kapasitasnya lebih banyak.
Tapi bolkus nya kok meninggalkan sedikit rasa pahit ya. Apakah emulsifiernya telalu banyak ya ?!

Nah kalau yang ini bolu kukusnya beda lagi resepnya. Gara-gara telur di rumah ukurannya gedhe-gedhe, resepnya dimodifikasi sendiri. Kali ini putih telurnya satu, kuning telurnya 3. Untuk resepnya silahkan lihat di sini ya.

Bolu Kukus Mekar

Alhamdulillah bolkusnya mau mekar semua dan rasanya pun enak.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸