Cake Keju Cheddar 2 Telur

Akhirnya datang juga hari liburnya. Mau bikin cake keju. Demi menghabiskan keju cheddar yang dibeli lebaran kemarin. Keju ini saya beli di toko bahan kue, dari kemasan yang besar tapi dipotong-potong sekitar 150 gram. Di kemasannya tidak ada tanggal kadaluwarsanya, hanya dikemas plastik bening saja. Menurut saya, keju ini kok awet ya. Teksturnya masih keras dan warnanya tidak berubah. Menurut pengamatan saya, kemasan besar dari sebuah produk kok kualitasnya lebih bagus ya. Bener enggak sih ?! 

Baiklah, he .. kembali ke topik utama, bahwa saya mau membuat cake keju. Saya pakai resepnya Buttercake 2 Telur NCC, silahkan klik untuk resep aslinya. Sedangkan yang saya buat tadi, resepnya sebagai berikut :

Bahan - bahan : 
125 gr mentega
225 gr gula pasir
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam
2 butir telur
200 tepung terigu, 1 peres sdt baking powder
150 cc susu cair
75 gr keju cheddar, potong kotak kecil
keju parut untuk taburan

Cara Membuat :
  1. Kocok mentega hingga lembut, masukkan gula sedikit-sedikit, kocok terus hingga pucat. 
  2. Masukkan garam dan vanili, kocok rata. 
  3. Masukkan telur satu per satu hingga tercampur rata. 
  4. Masukkan tepung bergantian dengan susu cair, aduk rata. ( Dimulai dengan 1/2 bagian tepung, 1/2 bagian susu cair, 1/4 bagian tepung, 1/2 bagian susu cair dan diakhiri dengan sisa tepung ). 
  5. Masukkan keju cheddar, aduk rata. 
  6. Tuang di loyang atau cetakan cupcake, panggang hingga matang. 


Cake ini bisa dibuat cupcake atau dipanggang dengan loyang kotak. Tadi saya saya panggang dengan loyang brownies ukuran 15x10x4cm dan sebagiannya saya jadikan cupcake. Jadinya 1 loyang dan 6 buah cupcake. Kejunya lumayan berasa. Cukup pas buat saya yang nggak terlalu doyan sama keju tapi ingin makan keju. Tapi kenapa cupcake nya permukaannya datar gitu ya ? Apakah karena bentuk cup nya ?!

2 comments:

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸