Puding Cokelat

Mengerjakan sesuatu kalau tidak sesuai standar memang bisa kacau jadinya. Seperti yang saya alami kemarin. Rencananya saya ingin membuat cake cokelat. Dalam resepnya digunakan dark cooking chocolate dan cokelat bubuk. Nah saat melelehkan cokelat itulah terjadi insiden kecil. Mangkuk tempat cokelatnya jatuh dan tumpah ke panci. Jadilah air di panci menjadi adonan cokelat. Hampir saja saya membuang adonan coklat itu karena panik. Alhamdulillah tiba-tiba muncul pikiran untuk menaruhnya di gelas dan menyisihkannya. Entah nanti mau dibuat apa, pokoknya disimpan dulu. Baru kemudian mucul ide untuk membuat puding cokelat. Kan tinggal menambahkan jumlah air dan agar-agar bubuk.

Untuk melelehkan coklat blok, biasanya saya memang menggunakan kom kecil yang saya letakkan di dasar panci/wajan datar berisi air mendidih ( airnya jangan terlalu tinggi ). Padahal cara itu kurang tepat ya, he. Cara yang benar adalah : gunakan waskom yang lebih besar dari permukaan panci tempat merebus air.
Ini resep puding cokelat saya :

Bahan - bahan :
1 bungkus agar-agar putih
150 ml SKM putih
75 gr gula pasir
40 gr DCC, 25 gr coklat bubuk
( udah menyatu dengan air, akibat tumpah )
air
( saya tambahkan hingga volumenya kurang lebih 900 ml )
sedikit garam

Cara membuat :
Campur semua bahan, masak hingga mendidih. Angkat, hilangkan uap airnya. Tuang ke dalam cetakan puding. Biarkan mengeras. Simpan di almari es.

Dan inilah hasilnya Puding Cokelat Insidentil. Manis dan pahitnya cokelat berpadu jadi satu. Tapi kok berasa eneg ya ...



No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸