Cake Marmer Keju

Sejak gong NCC-Culinary Cheese Weeks ditabuh sebenarnya sudah bersiap-siap untuk ikut meramaikan even ini. Tapi pada akhir bulan Januari saya sempat terkena suspect thypoid hingga harus istirahat selama 7 hari. Sudah pasti rencana utak atik resep harus tertunda. Hingga lewatlah bulan Januari. Di awal Februari, barulah sempat mencoba resep yang sempat saya dapatkan. Sempat difoto namun belum juga sempat laporan, karena memang niatnya mau mencoba lagi resep-resep yang lain.

Hingga H-3 menjelang waktu berakhir belum sempat eksekusi resep satupun sementara ada kerjaan kantor yang harus diselesaikan. Sama-sama mengejar deadline jadinya. Nah, tanggal 14 Februari nampaknya ada waktu luang untuk coba-coba resep. Namun tanpa disangka sejak dini hari Yogyakarta hujan abu tebal, dampak dari letusan Gunung Kelud di Jawa Timur. Dan wilayah Yogyakarta masih diselimuti debu hingga beberapa hari setelahnya. Tidak terkecuali rumah kami yang berada di pedesaan juga menerima dampaknya. Dapur di rumah kami yang beratap genting, menjadi tempat yang paling berdebu. Sangat tidak mungkin untuk utak atik makanan dan foto2, sementara di mana-mana debu2 beterbangan, he ..

abu vulkanik di tanaman hias
Sekian ya curhatnya, mari kembali ke NCC-CW, khususnya ke Cake Marmer Keju saya, he. Jadi, ini satu2 nya resep yang sempat saya buat untuk NCC-CCW, yang akhirnya bisa saya kirimkan ke host beberapa menit sebelum habis waktu ...

Ini kedua kalinya saya meramaikan even NCC dan ini pertama kalinya saya mengolah keju krim. Sebelumnya saya hanya kenal keju cheddar saja, diparut dan dicampurkan ke adonan cake atau dijadikan taburan. Atau dijadikan isian roti. Tapi untuk even ini saya tertarik untuk mencoba membuat cake dengan keju krim. Dan beruntung di TBK di kota saya ada yang jual eceran, yaitu kemasan kecil 250 gram - 300 gram. Jadi saya bisa membeli sesuai keperluan saja.

Karena baru belajar, saya mencari resep yang bahan dan cara membuatnya mudah. Resepnya dari buku masak Primarasa. Bahan-bahannya hampir semua sama, hanya menteganya saya kurangi menjadi 125 ( di resep aslinya 150 gr ). Di bukunya, cake ini dibuat berlapis yaitu cake cokelat dengan lapisan keju krim di bagian atasnya. Saya mencoba membuat versi cake marmernya, dengan cara menyendokkan adonan cake coklat dan adonan putih ( adonan cream cheese ) berselang seling. Berikut resep lengkapnya : 

Bahan - bahan :

Cake Cokelat
125 gr mentega ( saya pakai unsalted )
100 gula pasir
2 butir telur
1/2 sdt vanili bubuk
100 gr tepung terigu
25 gr cokelat bubuk
1/3 sdt baking powder
1/2 sdt garam

Adonan Cream Cheese :
250 gr cream cheese
75 gr gula pasir
1 butir telur 

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang kotak ( saya pakai ukuran 18x18x4 ), oles dengan margarin, alasi dengan kertas roti, oles lagi dengan margarin ( lebihkan kertas di kedua sisinya ).
  2. Ayak terigu, cokelat bubuk, garam dan baking powder
  3. Kocok cream cheese dan gula hingga lembut, tambahkan telur, kocok hingga rata, sisihkan.
  4. Kocok mentega hingga lembut, masukkan gula sambil terus dikocok hingga putih.
  5. Tambahkan telur satu per satu dan vanili, kocok hingga rata setiap penambahan telur.
  6. Masukkan campuran tepung secara bertahap, aduk rata.
  7. Penyelesaian : tuang sebagian adonan coklat tipis saja, ratakan. Kemudian sendokkan adonan cream cheese dan sisa adonan coklat berselang seling, buat motif marmer sesuai selera.
  8. Panggang hingga matang. Matikan oven. Biarkan cake tetap di dalam oven dengan pintu sedikit terbuka hingga dingin.
  9. Keluarkan dari loyang, potong-potong, sajikan.
Ini dia penampakan cake nya,

adonan ditaruh selang seling

dibuat motif marmer

setelah matang
Karena baru sekali ini makan keju krim, sulit juga mendeskripsikan bagaimana rasanya, sudah bener apa belum. Cake cokelatnya enak, tapi teksturnya agak padat, sedangkan bagian keju teksturnya lembut, terlalu lembek menurut saya. Dan walaupun sudah dibuat versi selang seling antara adonan coklat dan keju, rasa kejunya tetep eneg sih. Oya, loyang saya juga terlalu kecil, jadi masih ada adonan tersisa, mungkin lebih leluasa kalau pakai loyang yang 20x20x4 cm.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸