HMFF NCC Yogyakarta 2016

Sedikit dokumentasi saya saat HMFF NCC Yogyakarta Mei 2016.
HMFF ( Home Made Food Fiesta ) adalah salah satu even kuliner yang diadakan oleh NCC. Bisa dibilang acara ini adalah 'kopi darat' nya anggota NCC, baik NCC pusat maupun group NCC yang ada di daerah.

Ini adalah yang kedua kali saya mengikuti HMFF NCC di Yogyakarta. Sebelumnya pernah ikut HMFF NCC pada pembukaan Batino's Bakery milik Dewi Anwar di Seturan, Yogyakarta. Waktu itu pesertanya lebih sedikit. Setelah itu belum sempat lagi mengikuti even nya NCC di Yogyakarta.

HMFF NCC kali ini lokasinya lumayan dekat dengan rumah, jadi begitu diumumkan, saya langsung bersemangat ikut. Dan semangat saya rupanya tak sia-sia. Karena mendaftar di awal waktu, saya mendapat kursi di barisan paling depan, jadi bisa leluasa melihat demo masak dari para chef. 👍

Demo Masak
Pada HMFF kali ini disajikan demo membuat sponge cake dari Bungasari. Kemudian demo membuat kreasi fondant oleh founder NCC Bu Fatmah Bahalwan dan dilanjutkan demo dari chef Slamet Ho.
Kalau membuat sponge cake saya masih paham dan familiar. Tapi kalau fondant, karena memang tidak pernah pegang yang namanya fondant, jadi ya melihat saja kemahiran Ibu Fatmah dan Chef Slamet Ho membentuk fondant. Tapi pastinya ilmu-ilmu dari para chef ini bermanfaat untuk teman-teman NCC semua. 

Potluck
Yang selalu spesial dari HMFF adalah 'potluck'nya. Peserta diwajibkan membawa makanan hasil karyanya sendiri sebanyak 10 buah ukuran 'bite size'. Tiap peserta membawa makanan yang berbeda satu dengan yang lain. Potluck didaftarkan kepada panitia saat pendaftaran peserta, sehingga makanan yang sudah didaftarkan tidak bisa didaftarkan oleh peserta lain.
Kalau dilihat dari jumlah pesertanya yang lebih dari 100, artinya pada even HMFF kali ini ada lebih dari 100 macam ( 1000an) snack. Itu belum snack yang datang dari para sponsor. Hmm, banyak ya ..


Potluck ini bisa menjadi ajang promosi para peserta dengan menyertakan label jualan di tiap kemasan potluck. Saya sendiri membawa potluck carang gesing. Saya pilih bawa carang gesing karena mudah membuatnya. Pengennya sih bikin yang agak rumit sedikit, tapi karena tak ada waktu ya sudah bikin yang mudah saja.

Khusus untuk potluck ini panitia memberikan aturan bahwa peserta tidak boleh menyisakan makanan di piring potluck. Dan juga tidak boleh membawa potluck pulang ke rumah. Atau dengan kata lain peserta harus menghabiskan makanan yang diambilnya. Karenanya peserta mesti pinter-pinter menakar kemampuan perutnya agar tidak ada makanan yang terbuang mubadzir. Dan pada HMFF kali ini panitia dan MC sudah mengatur pengambilan potluck dengan sangat baik sehingga semua peserta tertib. Salut ... 👍


Eh, tapi ada lho yang kemarin masukkan potluck ke tas nya. Waktu itu ada peserta yang mengambil cheese cake yang disajikan di dalam gelas. Memang cheese cake ini ukurannya besar. Setelah dipikir-pikir tidak akan sanggup menghabiskan snack nya, akhirnya cheese cake nya dimasukkan ke dalam tas dan dibawa pulang, he he ..

Doorprize

Banyak sekali doorprize di acara HMFF kali ini. Saya sendiri kebagian Chiffon Cake dari Alif Bakery.

Garage Sale
Salah satu yang membuat saya semangat ikut HMFF selain potluck adalah Garage Sale. Waktu masih awal-awal hobi baking, saya sukanya membeli macam-macam alat masak. Cuma dipakai beberapa kali setelah itu bosan. Jadi banyak alat masak saya yang menganggur. Supaya lebih bermanfaat, solusinya ya dijual murah saja. Dan alhamdulillah banyak barang GS saya banyak yang laku.

Sayang saya tidak dapat mengikuti acara ini hingga selesai. Setelah makan siang sebenarnya masih ada demo lagi. Tapi karena ada keperluan saya harus pulang duluan. Semoga besok NCC Yogya mengadakan HMFF lagi. Dan semoga saya bisa ikut.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸