KISAH BLOGGER PEMULA


Tak terasa sudah lewat 5 tahun saya ngeblog. Walau sudah terhitung tua, namun rasanya masih tetap pemula. Selain postingan yang terhitung sedikit ilmu ngeblog nya juga ala kadarnya. Melewati waktu selama itu banyak hal yang saya dapat. Yang pasti hobinya tersalurkan, pernah dapat hadiah waktu ikut giveaway dan lebih lurus niatnya untuk menulis hal yang bermanfaat, walaupun kadang muncul sifat perfeksionis saya kalau sudah utak atik template.

Tujuan Nge-blog
Lima tahun yang lalu, pada akhir tahun 2011, artikel pertama blog ini saya posting. Waktu itu saya begitu terobsesi pengen eksis mempunyai tulisan-tulisan yang bisa dibaca oleh banyak orang. Karena hobinya baking, tulisan saya lebih fokus pada resep-resep masakan dan seputar tips dapur. Saya banyak terinspirasi dari foodie blogger dan situs kuliner yang sering saya kunjungi. Walaupun ada beberapa tulisan selain resep tapi hanya satu dua saja.

Jenis Blog
Eksistensi blog itu harus diperjuangkan. Banyak waktu yang harus diluangkan. Tak bisa asal menulis lalu eksis. Membuat posting masakan akan kurang lengkap tanpa foto makanan. Dan untuk menghadirkan foto yang menarik itu butuh perjuangan. Kadang lebih ribet dibanding menulis itu sendiri.Dan setelah sempat terbengkalai selama dua tahunan, tahun 2016 saya mulai rajin menulis lagi. Kalau dulu saya konsisten menjaga blog ini berisi tulisan tentang kuliner saja, tapi setahun belakangan blog saya sekarang jadi gado-gado. Banyak hal yang ingin saya tulis di luar topik resep dan kuliner menjadikan tulisan di blog ini lebih beragam.

Trafic Blog
Selain menulis artikel dengan baik, saya juga berusaha menempatkan artikel tersebut dengan baik agar mudah ditemukan mesin pencari dan bisa ditemukan siapa saja yang membutuhkannya. Saya setuju bahwa blog itu bukan buku diary, jadi percuma kalau sudah membuat postingan tapi hanya kita saja yang membaca.

Saya pun mulai belajar cara meningkatkan pengunjung. Saya pernah submit artikel ke vivalog. Senang sekali waktu itu, tiba-tiba blog saya pengunjungnya meningkat berkali-kali lipat. Maklum masih pemula he. Selain itu saya juga mencoba memahami apa itu SEO, fungsi Google Webmaster Tool dan Google Analytic. Saya juga bergabung di komunitas blog untuk mendapat ilmu-ilmu seputar ngeblog. Begitulah ternyata ngeblog bukan hanya menulis artikel yang bagus, ngeblog juga butuh ilmunya tersendiri agar kita menjadi blogger yang baik.

Komunitas Blog
Ada beberapa komunitas, baik komunitas kuliner maupun komunitas blog yang saya bergabung di dalamnya. Walaupun agak pasif di group, saya lumayan update dan banyak mendapat ilmu dari teman-teman di group. Di group ada banyak tulisan dari blogger yang lebih senior dan banyak tutorial seputar ngeblog. Dan dari group itu pula saya mengenal teman-teman blogger yang memang serius ngeblog dan konsisten menulis.

Dari group pula saya sering blog walking ke blog lain. Saya jadi mengenal blog yang tampilannya bagus, tulisannya oke dan sangat representatif dengan top level domainnya. Karena sering lihat tampilan blog yang bagus itu, saya jadi  sering utak atik template blog dan semakin familiar dengan kode html.

Kode HTML
Tak kenal maka tak sayang. Itulah sebutan saya untuk kode html. Berawal dari seringnya melihat tampilan-tampilan blog yang rapi dan enak dipandang, saya pun ingin sekali punya blog yang juga rapi. Sebenarnya banyak yang menjual template yang bagus dan responsive, tapi saya lebih tertantang untuk memakai template gratisan dan memodifikasinya sendiri. Dan begitulah, saya memilih belajar sedikit demi sedikit dari tutorial hasil searching di google.

Dan ternyata mengutak atik template itu tidak lebih mudah dari membuat artikel itu sendiri. Banyak waktu yang diperlukan dan memang harus sabar baru akan terbiasa juga. Dulu saya phobi kalau lihat kode html tapi setelah tahu triknya yaitu dengan membackup template lebih dulu saya tidak khawatir lagi dan tidak takut mencoba. Saya kadang juga membuat screenshot dari template yang saya ubah agar mudah melihatnya kembali.

Giveaway dan Blog Competition
Di komunitas blog saya mengenal yang namanya giveaway. Saya suka giveaway karena ada ide tulisan yang diberikan pada peserta giveaway. Saya yang nulisnya angot-angotan jadi semangat kalau ada giveaway. Selain ada nilai kompetisi dan hadiah, postingan saya juga jadi bertambah, he.

Kalau blog competition, lebih berat dari giveaway. Artikel biasanya lebih panjang karena ada ulasan produk di situ dan syaratnya biasanya juga lebih macam-macam. Tapi hadiahnya juga lebih besar, sebanding dengan kerja kerasnya.

Monetize Blog
Hobi itu membutuhkan biaya. Termasuk menulis di blog pun demikian, butuh koneksi, harus pakai kuota, harus beli modem dan lain-lain. Ini pula yang membuat saya ingin agar blog ini bisa menghasilkan rupiah, minimal untuk mengganti biaya saya internetan lah. Saya pernah coba-coba ikut PPC ( pay per click ) tapi tak berlanjut karena saya sendiri kurang sreg dengan iklan yang ditampilkan waktu itu. Saya juga pernah ikut reseller dropship yang akhirnya bosan sendiri. Pernah juga mengajukan blog ke Google Adsense, yang mana pastinya ditolak karena blog saya belum sesuai kriteria, he.

Impian Blogger Pemula
Kedepannya saya ingin terus bisa menulis hal-hal yang bermanfaat. Kalau bisa dapat rejeki dari ngeblog, tentunya itu sangat luar biasa. Yang penting bisa lebih konsisten menulis dan memperbaiki artikel agar pengunjung meningkat.
Saya juga mempunyai niatan untuk pindah ke domain TLD. Tapi masih banyak hal yang menjadi pertimbangan sehingga masih tertunda hingga sekarang.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸