Bagaimana Memasak Ketupat Beras

KETUPAT BERAS 

Bahan–bahan: 
500 gr beras, cuci bersih, tiriskan 
6-10 selongsong ketupat

Cara memasak : 
  1. Kencangkan selongsong ketupat agar lebih rapi dan hasil ketupat mulus/tidak bergaris-garis. Sisakan pangkal janur (=daun kelapa ) 2cm, potong rapi, kunci dengan cara menyematkan ujung janur.
  2. Isikan beras hingga setengah bagian selongsong.Lakukan hingga beras/selongsong habis.Rebus selama 3 jam, tambahkan air bila mulai menyusut.Angkat dan tiriskan.

Tips :
  • Ikat semua ketupat yang telah berisi beras menjadi satu. Saat ketupat sudah matang, bisa di angkat bersama-sama dan digantung hingga tiris dan dingin. Ketupat siap digunakan atau disimpan dulu.
  • Selongsong ketupat besarnya bervariasi tergantung besar janur. Untuk janur tua relatif lebih besar sehingga untuk 500 gr beras kurang lebih membutuhkan 6 selongsong. Bila janurnya lebih kecil selongsong yang dibutuhkan akan lebih banyak.
  • Bila anda membeli selongsong ketupat namun tidak segera menggunakannya, selongsong ketupatakan menjadi layu dan berwarna kecoklatan. Agar tetap segar, rendamlah selongsong tersebut dalam air.
  • Memasak ketupat membutuhkan waktu lama. Sebaiknya masak ketupat sehari sebelum lebaran agar saat dihidangkan ketupat benar-benar sudah dingin.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸