BOLU KUKUS MEKAR MEREKAH

Untuk kesekian kalinya, bikin bolkus lagi. Kali ini modifikasi dengan mengurangi putih telurnya. Gara-garanya telur yang saya beli kemarin kok gedhe-gedhe, sedangkan standar telur untuk resep bolkus adalah 2 telur kecil/sedang saja. Jadinya agak takut kalau pakai 2 butir yang gedhe ntar merubah konsistensi adonan dan gagal lagi 

Baca juga : Bolu Mekar oh Bolu Mekar

Maka jalan tengahnya saya pakai 1 telur utuh dan 2 kuning telur. Kan katanya kuning telur itu pengemulsi yang bagus, jadi amanlah kalau yang banyak itu kuning telur.

Bolu Kukus Mekar


Bolu Mekar Merekah
 ( untuk : 15 buah )

Bahan-bahan :
1 butir telur utuh
2 kuning telur
225 gram gula pasir ( saya giling sebentar dengan blender )
1 peres sdt emulsifier
250 gr tepung terigu serbaguna
175 ml sprite
pewarna merah sesuai selera

Cara membuat :

  1. Didihkan air dalam dandang, bungkus tutup dandang dengan serbet.( Saya mulai mendidihkan air saat pengocokan berjalan setengah waktu, jadi air tidak menyusut dan nggak boros bahan bakar. )
  2. Kocok telur, kuning telur, gula pasir dan emulsifier dengan mikser berkecepatan tinggi hingga kental.( Dengan mikser di rumah saya : saat 10 menit pengocokan, adonan sudah kental, tapi karena masih ragu saya tambahkan 5 menit. Ternyata tidak ada perubahan pada adonan. Pada tahap ini adonan tidak jambul petruk, tapi saat wisk mikser diangkat adonan jatuh perlahan. )
  3. Turunkan kecepatan mikser, masukkan sprite bergantian dengan tepung terigu dalam dua tahapan sampai habis. Matikan mikser, aduk balik dengan spatula hingga rata.
  4. Ambil sebagian adonan, beri warna sesuai selera.
  5. Tuang adonan putih dalam cetakan bolu yang sudah di alasi kertas hingga 4/5 bagian. Beri adonan warna merah di atasnya.
  6. Kukus selama 15 menit dengan api besar, jangan buka-buka tutupnya. Angkat, lepaskan dari mangkuk cetakan.
Bolu ini terasa agak berat saat dimakan, tapi tidak bantat. Bagaimana ya supaya lebih lembut ? Mungkin perlu dicoba pakai tepung protein rendah, siapa tahu bisa jadi lebih lembut.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸