Kayumanis a.k.a Cinnamon

01:13 0 Comments A+ a-

Kayu manis (..orang bule menyebutnya “cinnamon” ) adalah salah satu rempah yang sudah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu pada jaman Mesir Kuno. Mungkin jarang muncul di dapur kita, karena masyarakat jarang menggunakannya. Padahal sebenarnya manfaatnya sangat banyak. Selain digunakan pada masakan juga dapat digunakan sebagai obat tradisional hingga kosmetik.
Dapat digunakan untuk mengurangi bau amis pada masakan berdaging, pada minuman, untuk taburan kue, campuran kue kering atau bersama madu langsung dikonsumsi sebagai minuman berkhasiat.

kayumanis

Memberikan sedikit rasa pedas dan wangi pada masakan merupakan ciri khas dari rempah yang satu ini. Kolak yang sering kita masak pada bulan puasa juga akan lebih mak...nyus bila ditambahkan kayu manis di dalamnya. Betul ?

Berkolaborasi dengan madu, kayu manis bubuk dapat mengurangi kembung, menurunkan kolesterol dan mencegah akumulasi lemak. American Journal Of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa kayu manis  meningkatkan sensitivitas insulin sehingga bisa menstabilkan kadar gula darah.

Saat ini kayu manis tidak hanya dikemas dalam bentuk kulit batangnya, tetapi sudah banyak diproduksi dalam bentuk bubuk, jadi tinggal memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Bagaimana, belum ada kayu manis di rumah ? Besok kita tambahkan di daftar belanja kita ya...

( dari berbagai sumber )

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...