Tips Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

08:31 0 Comments A+ a-

Bagi mereka yang bekerja di sebuah perusahaan atau instansi, pasti tidak asing dengan yang namanya rotasi atau mutasi. Walaupun bukan hal baru, tapi saat harus mengalami sendiri yang namanya rotasi, rasanya berat juga. Bagaimana tidak, saat kita sudah sangat nyaman bekerja di tempat lama, tiba-tiba harus pindah ke tempat baru. Harus adaptasi lagi dengan tempatnya, cara kerjanya dan karakter orang-orangnya.

Mutasi atau rotasi sebenarnya mempunyai beberapa tujuan. Diantaranya adalah pemerataan komposisi SDM dan mengurangi kejenuhan bila seorang pegawai sudah lama berada di suatu unit tertentu. Tapi tak jarang program ini diberlakukan kepada karyawan yang memiliki kondite buruk, sehingga kesan negatif sering muncul pada karyawan yang dipindahkan.
Saya mengalami sendiri yang namanya rotasi ini awal tahun lalu. Tanpa pemberitahuan sama sekali, eh tiba-tiba saja saya diberi SK untuk pindah. Kepindahan yang cukup mengagetkan, mengingat selama 13 tahun terakhir saya tak pernah pindah tempat.
Banyak hikmah dan pelajaran yang bisa diambil selama beberapa bulan saya menjalani proses adaptasi.

          #Upgrade pengetahuan dan keterampilan
Momen kepindahan adalah saat yang tepat bagi kita meng-upgrade skill dan pengalaman. Banyak hal positif yang akan kita dapat di tempat baru. Jangan malas mencari tahu bila ada hal-hal yang baru kita temui. Bekerjalah dengan gembira dan penuh tanggung jawab. Tunjukkan bahwa kita bersungguh-sungguh mau bekerjasama dengan tim dan partner baru.

          #Attitude dan Etika
Saya ingat sebuah nasihat dari guru SMA saya. Saat kita berada di tempat yang baru jangan suka 'cari perhatian' tapi hendaknya 'perhatikanlah dulu' lingkungan sekitar kita. Hormatilah rekan kerja yang lebih tua tak terkecuali yang lebih muda. Anda bisa mulai menyapa terlebih dahulu kepada teman-teman di tempat baru. Kalau ada yang menurut kita ada yang kurang sreg di hati, carilah waktu yang tepat untuk memberikan usul atau saran. Berilah saran dengan santun agar lebih mudah diterima.

Satu hal yang perlu di ingat. Kenalilah struktur organisasi di tempat kita bekerja. Kita mesti tahu siapa pimpinan atau atasan kita, begitu pula senior-senior di tempat baru. Jangan sampai ya, kita ketemu pimpinan perusahaan sementara kita tidak mengenalinya.

          #Tentang Job Description
Job description memberikan gambaran tentang apa saja yang harus kita kerjakan. Bekerjalah dengan konsisten sesuai uraian tugas kita.

           #Loyalitas
Tidak ada loyalitas yang muncul dengan tiba-tiba. Sikap loyal akan terbangun seiring berjalannya waktu. Pegawai atau karyawan yang sudah lama bekerja di sebuah perusahaan akan mempunyai loyalitas yang lebih tinggi dibanding pegawai baru. Tapi setiap karyawan bisa menunjukkan sikap loyal kepada perusahaan dengan kedisiplinan, bekerja dengan baik dan merasa memiliki terhadap perusahaan.

Jadilah karyawan yang ringan tangan. Tidak mengapa sekali-kali melakukan tugas lebih dari yang diwajibkan. Itu menunjukkan kita bersungguh-sungguh membantu kemajuan perusahaan.

           #Tentang penampilan
Penampilan yang baik memberikan kesan pertama yang baik pula. Namun begitu ada yang jauh lebih penting dari sekedar penampilan luar. Adalah  ketulusan hati yang akan membuat kita selalu nampak baik dilihat. Terlebih lagi bila kita bekerja di layanan publik yang langsung  bertatap muka dan berkomunikasi dengan pelanggan.

          #Berikan nilai lebih
Setiap orang mempunyai kekurangan dan kelebihan dalam dirinya. Ada orang yang menguasai banyak teori, namun kurang menguasai skill dalam bekerja. Ada yang skill nya bagus namun kurang menguasai teori-teori. Maksimalkan potensi yang kita miliki dan berinovasilah untuk kemajuan perusahaan tempat kita bekerja.

          #Jangan bergosip
Tempat kerja baru artinya teman-teman baru dengan macam-macam karakternya. Jalin komunikasi yang baik dengan teman-teman di tempat baru. Jangan bergosip. Hindari membicarakan hal-hal yang tidak penting saat anda bekerja, apalagi membicarakan keburukan teman-teman sendiri. It's big NO.

Setiap orang mempunyai kemampuan adaptasi yang berbeda-beda. Ada yang cepat ada pula yang lama. Jangan buru-buru mengambil keputusan ekstrim ( misal mengundurkan diri ) saat kita merasa bahwa tempat baru berasa kurang nyaman. Hadapi, hayati dan nikmati prosesnya.
Dan jangan lupa cari hal-hal yang me-refresh pikiran kita yang lelah setelah bekerja. Bisa dengan menjalani hobi yang positif seperti piknik, berkebun, memasak dan lain sebagainya. Menuliskan pengalaman hidup di blog bisa menjadi salah satunya. Seperti saya ini, he ..

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...