PENNYLANE BROWNIES NCC

Bisa dibilang membuat brownies ini relatif mudah karena cukup diaduk dengan spatula saja, kue cokelat ini sudah bisa dibuat. Tapi bagi saya justru cara yang mudah ini selalu saya hindari. Saya lebih memilih menggunakan mikser agar tekstur browniesnya lebih mengembang. Tetep padat tapi agak berongga.

Sejak awal-awal membuat brownies, saya tak pernah mendapatkan hasil brownies yang chewy, apalagi fudgy. Bisa jadi karena masih terpancang dengan adonan cake, yang kalau mengocok telur-gula harus sampai mengembang. Karena teknik pembuatan yang menyerupai cake ini, maka hasil browniesnya juga menyerupai cake ( cakey ). Namun begitu ternyata saya suka dengan tipe brownies yang cakey ini. Rasa cokelatnya lebih ringan dan tidak eneg.

Omong-omong tentang brownies, resep Pennylanne Brownies NCC masih jadi andalan saya. Resep ini tidak memakai dark cooking chocolate dan mentega seperti kebanyakan resep lainnya. Selain lebih ekonomis, prosesnya membuatnya juga lebih simpel karena tak perlu melelehkan cokelat dan mentega. Tapi jangan salah ya, walaupun tanpa cokelat leleh, rasa brownies ini tetap nyokelat lho.

Resep Pennylane Brownies sudah dibagikan di milis NCC belasan tahun yang lalu. Sudah banyak yang mencoba resep ini, memodifikasinya dan menjadikannya item jualan. Resep asli silahkan dilihat di NCC Indonesia atau di blog For The Love of Baking, blognya Mbak Riana si empunya resep.


Berikut ini Pennylane Brownies yang saya buat kemarin. Ada sedikit modifikasi dalam jumlah bahan karena menyesuaikan dengan dapur saya.

Bahan-bahan :

4 butir telur
350 gr icing sugar
½ sdt vanili bubuk
225 gr tepung terigu
50 gr cokelat bubuk
½ sdt garam
200 gr minyak goreng
taburan : kacang mede panggang, cincang

Cara membuat :

  1. Alasi loyang dengan kertas kue ( saya memakai baking sheet ). Panaskan oven dengan suhu 180° C.
  2. Campur terigu, cokelat bubuk dan garam, aduk rata, sisihkan.
  3. Kocok telur, gula pasir dan vanili hingga kental dan gula larut.
  4. Ayakkan campuran tepung ke dalam adonan telur, aduk rata.
  5. Masukkan minyak, aduk rata.
  6. Tuang di loyang, taburi kacang mede sesuai selera. Panggang hingga matang.
  7. Biarkan dingin di loyang, baru potong-potong.

Pada resep asli, gula yang dipakai adalah gula kastor. Saya pernah membuat brownies ini dengan gula pasir, ada sebagian gula yang belum larut. Gula yang belum larut ini ternyata tetap berbutir hingga cake matang. Dengan memakai gula icing ( saya memakai Fiesta ), masalah ini teratasi. Alternatif lainnya, bisa menggunakan gula pasir yang diblender ( giling ) terlebih dahulu.

Kalau anda juga menyukai brownies yang cakey. Resep ini silahkan dicoba.
Selamat mencoba !

4 komentar:

  1. NCC itu awet banget ya grupnya.. grup masak paling teratur yg aku tau. Tapi cuma jadi silent reader aja, gak bisa masak T.T

    Boleh lho mbak browniesnya dikirim ke rumahku, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, anggota NCC juga rupanya. Ayuk masak-masak, Mbak.
      Btw, belum bisa kunjungan balik. Tadi blognya masih belum bisa dibuka.

      Hapus
  2. I love Brownies jadi pengen nih, tfs ya Mbak^^ Blognya banyak resep enak nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo dicoba resepnya, Mbak.
      Terimakasih kunjungannya ya ..

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...