LAKKER HOLLAND a.k.a DUTCH BOTERKOEK

08:04 0 Comments A+ a-


Sebenarnya resep Dutch Boterkoek ini sudah lama booming di dunia maya. Saya nya saja yang baru kesampaian sekarang mencoba membuat cake ini. Dari komposisinya, memang seperti butter cake, tetapi lebih padat dan krispi. Di group sendiri ada yang bilang enak banget, sebagian yang lain bilangnya biasa saja. Sepertinya akan tahu yang sebenarnya kalau mencoba sendiri.

Lakker Holland atau Dutch Boterkoek sendiri konon adalah butter cake dengan gaya Belanda. Dan sesuai dengan namanya cake ini dibuat dengan metode butter cake yang dikenal anti gagal. Walaupun begitu tetep harus memperhatikan tip-tip nya ya ,,,

Resep Lakker Holland ini juga banyak versinya. Ada yang ditambah keju parut, lemon zest dengan toping yang bermacam-macam. Saya memakai resep yang banyak dishare di media sosial dengan sedikit modifikasi pada jumlah gula agar tidak terlalu manis. Berikut resepnya :

Bahan-bahan :
200 gr mentega ( saya margarin dan mentega )
125 gr gula pasir
1 butir telur
250 gr tepung terigu
vanili secukupnya
almond slice untuk taburan
1 butir telur, kocok untuk olesan.
Cara membuat :
  • Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti. Panaskan oven pada suhu 150 derajat celcius.
  • Kocok mentega dan gula hingga lembut. Sesekali keruk pinggir mangkuk agar semua adonan bercampur rata.
  • Masukkan telur kocok rata.
  • Masukkan terigu bertahap, aduk rata.
  • Tuang di loyang, ratakan tipis-tipis.
  • Oles dengan kocokan telur, panggang hingga matang.
Lakker Holland

Lakker Holland

waktu tepung sudah masuk adonan

adonan siap dipanggang

Seperti yang banyak dibilang cake ini perpaduan antara butter cake dengan kue kering. Sangat terasa gurih butternya. Teksturnya malah lebih kriuk dari kue lebaran saya. Kalau menurut saya ini masih terlalu manis. Kalau makannya potongan besar jadi eneg. Sepertinya versi resep yang ditambahi keju parut bisa. Rasa asinnya keju mungkin bisa menyeimbangkan rasa manis dari cake ini.

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...