Roti Sobek ( Potatoe Bread )

08:43 0 Comments A+ a-

Kenapa kok pengen sekali bisa pinter membuat roti ? Karena roti itu makanan manusia, he. Maksudnya bahwa roti itu sama saja dengan makanan pokok kita. Berbeda dengan cemilan lain seperti cake atau kue - kue yang biasanya banyak lemak atau gulanya. Saya sendiri ingin pinter membuat roti untuk menggantikan kegemaran saya makan donat. Habisnya sering membaca artikel bahwa minyak padat tidak baik untuk kesehatan, sementara saya seringnya pakai minyak padat untuk menggoreng donat.  

Kenapa kok namanya roti sobek ? Ya, karena kita makan rotinya dengan cara disobek. Pernah mencoba membuat roti dengan aneka macam bentuk, tapi karena prosesnya lama, maka lebih suka dibentuk ala roti sobek. Roti sobek lebih simpel dan cepat.

Saya memakai resep dari blog Ricke Ordinary Kitchen. Sedikit berbeda dalam jumlah bahan karena menyesuaikan loyang di rumah. Berikut resepnya :

Bahan A :

275 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
75 gr gula pasir
2/3 sachet ragi instan

Bahan B :

2 kuning telur
125 ml susu cair dingin
125 kentang kukus

Bahan C :

50 gr mentega/margarin
1/2 sdt garam

Bahan olesan : susu cair

Cara membuat :
  1. Campur bahan A, aduk rata. 
  2. Masukkan bahan B, aduk hingga bergumpal-gumpal, uleni hingga kalis.
  3. Masukkan bahan C, uleni hingga elastis.
  4. Bulatkan adonan, diamkan hingga mengembang 2 kali lipat.
  5. Kempiskan adonan, bagi menjadi 16 bagian ( atau sesuai selera ). Bulatkan, diamkan kurang lebih 15 menit.
  6. Gilas adonan, isi dengan isian, bulatkan mulus. Tata dalam loyang yang telah dioles margarin dan di alas kertas roti. Diamkan hingga mengembang kurang lebih 70 menit.
  7. Oles dengan bahan olesan. Panggang hingga matang.


Karena membagi adonannya tidak pakai timbangan, jadi penampakan rotinya kayak gitu. Ada yang besar dan ada yang kecil. Dan setelah adonan roti mengembang ternyata volume loyangnya tidak mencukupi. Ternyata saya masih belum bisa menaksir volume loyang yang pas untuk roti saya.


Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...