Roti Sobek ( Metode Water Roux )

Membuat roti itu menyenangkan kecuali tentang 'menguleni' adonannya yang cukup berat kalau tidak dibantu mikser, he. Tapi bagian me'rounding', membentuk itu bisa menjadi hal yang menyenangkan. Meski sejak masih menguleni dengan tangan sampai sekarang sudah dibantu mikser, saya sendiri tidak pernah mendapatkan adonan yang benar-benar elastis. Adonan bila kurang elastis, kadang agak sulit ditangani atau dibentuk. Namun hasil rotinya baik-baik saja menurut saya.
Resep roti sobek ini hampir sama dengan roti water roux yang pernah saya coba sebelumnya.

Membuat water roux
Membuat water roux ini tidaklah sulit. Yang penting terus diaduk dan apinya kecil saja. Setelah mengental dan ada jejak yang sampai ke dasar panci, maka water roux kita sudah jadi. Dari teorinya, water roux harus dimasak dengan suhu 65 derajat. Namun karena tidak ada termo untuk adonan, jadi saya belajar membuat water roux ini melalui video di youtube. Dari video tutorialnya kita bisa melihat langsung penampakan water roux itu seperti apa.

water roux
adonan water roux
Dibandingkan dengan yang dulu, water roux yang saya buat kali ini lebih set.

Dari satu resep yang saya buat tersebut berat total adonan kurang lebih 750 gr. Dan loyang kotak saya 18x18x6 cm tidak muat menampung adonan sebanyak itu. Setelah dihitung-hitung maka saya hanya mengambil 600 gr adonan untuk dibuat rotinya. Sisanya saya coba simpan di freezer.

Roti Sobek Water Roux

Hasilnya masih sedikit melebihi tinggi loyang ...


Roti Sobek Water Roux

Ini pertama kali saya menyimpan adonan roti di freezer. Setelah lewat 4 hari membeku di freezer ternyata kondisi adonan sama saja dengan adonan yang tanpa disimpan. Setelah dibiarkan di suhu ruang dan kembali lembut, adonan bisa diuleni dan dibentuk kembali.

adonan roti
sisa adonan dari kulkas
Menyimpan adonan merupakan salah satu cara agar membuat donat atau roti tidak menyita waktu. Kita dapat membuat adonannya dulu hingga tahap mengembang sekali ( proofing pertama ). Kemudian adonan kita kempiskan, bulatkan kembali. Bungkus dengan plastik rapat-rapat. Bisa ditaruh dalam wadah kedap udara baru masuk freezer. Saat dibutuhkan taruh adonan di suhu ruang, bila sudah lembut kembali, lanjutkan prosesnya sebagaimana biasa.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸