PEANUT BUTTER CAKE NCC

Setelah lama tidak baking, even online  NCC : Resep Anti Gagal menjadi penyemangat saya untuk bikin cake lagi. Kali ini saya ingin membuat Peanut Butter Cake, salah satu resep cake anti gagal NCC yang divariasi dengan menambahkan selai kacang.

Selai kacang adalah makanan yang dibuat dari kacang tanah yang disangrai dan dihaluskan setelah diberi gula dan garam. Dari bahannya yaitu kacang kita langsung tahu bahwa selai kacang ini kaya akan protein. Jadi tak heran banyak yang mengkombinasikan selai kacang dengan roti, kue kering atau sandwich. Dan lemak dalam yang terkandung di selai kacang adalah lemak tak jenuh, golongan lemak yang baik,  jadi tak perlu khawatir akan menyebabkan masalah kesehatan.
Selai kacang sendiri ada yang halus ( creamy ) dan ada yang ditambahkan kacang tanah yang digiling kasar (  crunchy ).  Kali ini saya memakai selai kacang yang creamy.

Peanut Butter Cake NCC

Untuk resep Peanut Butter Cake NCC asli dapat dilihat di NCC Indonesia. Sedangkan versi saya kemarin ada modifikasi pada jumlah gula dan susu cairnya.

Bahan - bahan :

75 gr selai kacang
75 gr mentega
250 gr gula pasir ( saya 200 gram )   
2 butir telur
200 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
150 ml susu cair  ( saya 13 sdm )

Cara membuat :

  1. Siapkan loyang, oles margarin. ( Saya pakai loyang cupcake 29 cm x 23 cm , berisi 12 lubang )
  2. Aduk terigu, baking powder hingga rata.
  3. Kocok mentega, selai kacang dan gula hingga mengembang dan berwarna pucat.
  4. Masukkan telur satu per satu, kocok hingga rata dan mengembang setiap penambahan telur.
  5. Masukkan setengah bagian tepung terigu, aduk rata. Tuang sebagian susu cair, aduk rata. Masukkan sisa tepung, aduk rata dan terakhir masukkan sisa susu cair. Aduk rata.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang. Panggang hingga matang. ( Saya panggang dalam oven dengan suhu 180° C, selama 40 menit api bawah kemudian saya panggang dengan api atas selama 10 menit. )
Seperti butter cake pada umumnya cake ini padat dan moist karena kandungan lemak mentega. Lebih lembut saat masih hangat, namun masih tetap enak saat dingin. Happy baking !

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸