KENALI DAN CEGAH NEUROPATI SEJAK DINI

23:32 4 Comments A+ a-

Pasti banyak di antara kita yang pernah mengalami rasa kesemutan, kebas, nyeri dan kram otot. Biasanya berlangsung singkat dan hilang dengan istirahat atau memperbaiki posisi tubuh. Tapi banyak yang belum tahu kalau gejala-gejala tersebut merupakan gejala neuropati.

Neuropati merupakan istilah yang digunakan untuk kerusakan pada saraf atau gangguan saraf. Istilah ini memang belum di kenal luas oleh masyarakat kita. Penelitian yang dilakukan oleh Neurobion menunjukkan bahwa 90% masyarakat Indonesia belum tahu apa itu neuropati.
Gejala-Gejala Neuropati

Istilah neuropati ini merujuk pada gangguan saraf di seluruh tubuh manusia secara umum. Lebih spesifik berdasarkan lokasi saraf yang sakit dan penyebabnya, neuropati dikelompokkan menjadi beberapa jenis seperti diantaranya : neuropati perifer, polineuropatineuropati otonom dan neuropati kranial. Dan gejala yang muncul sangat tergantung dari bagian saraf yang mengalami kerusakan tersebut.

Kerusakan saraf dapat disebabkan karena cidera fisik yang langsung mengenai saraf itu sendiri, akibat dari penyakit yang di derita seperti tumorpenyakit infeksi dan penyakit diabetes yang kadar gula darahnya tidak terkontrol ( neuropati diabetikum ). Selain itu neuropati juga bisa disebabkan karena defisiensi vitamin B dan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Tentang neuropati diabetikum, saya ada cerita dari seorang penderita diabetes. Suatu hari dia menghangatkan kakinya di tungku perapian. Penderita diabetes ini tak sadar saat panas api mulai mengenai kakinya. Kadar gula yang tinggi pada diabetes mencederai serat-serat saraf ( sering pada daerah kaki ), sehingga menyebabkan mati rasa. Hal seperti ini dapat menyebabkan masalah baru untuk si penderita.

Fakta menunjukkan gejala neuropati muncul pada usia yang relatif muda. Saya sendiri mulai sering kesemutan dan kram pada usia di bawah 30 tahun. Karena belum tahu tentang neuropati dan sekilas terlihat ringan, waktu itu saya abaikan saja.
Waspada Neuropati Sejak Dini

Fakta menunjukkan gaya hidup masa kini seperti bermain gadget, duduk berjam-jam mengetik di komputer atau laptop dan mengendarai kendaraan dalam waktu lama dapat menyebabkan neuropati. Begitu juga dengan aktivitas berulang yang kita lakukan di rumah seperti mencuci, memasak, menyapu dan lainnya. Karena itu kita harus lebih dini mengenali gejala neuropati dan memperbaiki gaya hidup untuk mencegah kerusakan saraf yang lebih serius.
Berikut ini tip-tip yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan saraf :

#rajin berolah raga
Kenali dan Cegah Neuropati Sejak Dini

Pada penderita diabetes olah raga secara tidak langsung dapat membantu terkontrolnya gula darah sehingga secara tidak langsung meminimalkan resiko neuropati. Selain itu gerakan tubuh yang teratur bermanfaat untuk mencegah kekakuan otot sebelum melakukan rutinitas sehari-hari.
Nah, untuk pencegahan neuropati Persatuan Dokter Spesialis Saraf Indonesia ( Perdossi ) bekerja sama dengan Merck menciptakan NeuroMove, aktivitas fisik yang praktis dan mudah untuk menjaga kesehatan saraf. Hanya butuh waktu 15-20 menit dengan gerakan yang praktis dan mudah dilakukan. Dianjurkan untuk melakukan senam ini minimal 3 kali seminggu untuk mendapatkan manfaat terbaik. ( Klik di sini untuk melihat senam NeuroMove ).

#mengatur pola aktifitas dan istirahat
Aktivitas yang tidak seimbang dengan istirahat menjadi salah satu penyebab timbulnya gejala neuropati. Usahakan untuk bergerak setiap 25 menit saat kita melakukan aktivitas yang berulang seperti mengetik di meja komputer, menjahit, bermain gadget atau saat duduk dalam waktu lama. Saat mengangkat barang yang terlalu berat, lakukan dengan bertahap atau bersama-sama. Dan biasakan posisi duduk yang baik agar tekanan pada saraf dapat diminimalkan.

#hindari merokok dan alkohol
Rokok memperbesar risiko timbulnya plak pada pembuluh darah halus yang bertugas memberikan nutrisi pada saraf tepi. Terhambatnya nutrisi ini mengakibatkan kerja sistem saraf terganggu.
Pada orang yang mengkonsumsi alkohol, vitamin yang masuk tidak bisa diserap tidak bisa diserap. Imbasnya, secara perlahan terjadi penyempitan peredaran darah di tubuh anda. Hal ini yang kemudian memunculkan kondisi rusaknya saraf.

#periksa kesehatan secara berkala
Penting untuk memantau kesehatan kita secara berkala, terlebih saat usia seseorang sudah melewati 40 tahun. Pada usia ini banyak masalah kesehatan yang terlambat ditemukan karena kurangnya kesadaran untuk general check up.

#perbaiki kebiasaan buruk yang merusak
Kebiasaan menggunakan high heels, membawa beban berat, bermain gadget berjam-jam dapat menyebabkan low back pain yang merupakan salah satu penyebab gangguan neuropati. Selain itu kondisi stres, olah raga berlebihan dan obesitas sangat beresiko mengalami neuropati.

#pola makan gizi seimbang
Makanan Sumber Vitamin B

Menurut Dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K) konsultan neurologis dari Departement Neurologi FKUI/RSCM, vitamin B adalah makanan yang dibutuhkan saraf untuk melindungi dan meregenerasi saraf. Saraf sangat tergantung asupan suplai vitamin B kompleks yang memadai. Oleh sebab itu pola makan dengan gizi seimbang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap vitamin B.

Suplemen Vitamin Neurotropik

Pada kondisi di mana penyerapan yang kurang baik atau diit yang tidak memenuhi kebutuhan, tubuh akan merasakan dampak dari kekurangan vitamin B ini. Untuk itu suplemen vitamin neurotropik diperlukan untuk mencukupi kebutuhan atau pencegahan defisiensi. Dan karena vitamin B kompleks tidak dapat disimpan baik di dalam tubuh, maka asupan secara reguler sangat dianjurkan.

Neurobion adalah suplemen neurotropik yang mengandung vitamin B kompleks yang terdiri dari vitamin B1, B6 dan B12. Vitamin B kompleks dikenal sebagai vitamin neurotropik karena berfungsi untuk menutrisi sel saraf, melindungi dan meregenerasi saraf sehingga dapat bekerja dengan baik .
Vitamin Neurotropik

Manfaat Neurobion :
  • mengatasi gangguan saraf tepi yang ditandai dengan kebas dan kesemutan pada anggota gerak dan pegal-pegal otot.
  • untuk pengobatan berbagai kelainan akibat kekurangan vitamin B seperti penyakit beri-beri, gangguan saraf otak hingga penurunan kesadaran.
  • sebagai suplemen untuk penderita anemia atau kekurangan darah merah akibat kekurangan vitamin B.
Neurobion aman dikonsumsi sebagai suplemen vitamin asalkan mengikuti aturan yang tertera dalam paket. Konsumsi satu kali sehari secara teratur untuk hasil yang maksimal. Neurobion juga dapat dikonsumsi pada saat kondisi sakit, saat masa penyembuhan dan saat kondisi sehat.

Neurobion Putih Dan Neurobion Forte
Neurobion Vitamin Neurotropik

Neurobion putih untuk memperbaiki sel saraf tepi yang ditandai dengan kebas dan kesemutan. Neurobion forte untuk gejala yang sudah mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebagai vitamin atau suplemen makanan, Neurobion relatif aman dari efek samping. Namun begitu perhatikan aturan pada kemasannya. Jangan meningkatkan dosis tanpa rekomendasi dokter.
Neurobion Vitamin Neurotropik

Gejala neuropati awalnya terlihat ringan. namun bila terjadi terus menerus dan tidak segera diatasi maka akan mengganggu aktivitas dan bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Karena itu, apabila gejala-gejala seperti kesemutan, kebas, kram atau nyeri dirasakan memberat dan tidak bisa hilang dengan treatment biasa, konsultasikan dengan dokter anda. Bila diperlukan dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya.

Sumber rujukan :
http://sarafsehat.com/
http://sarafsehat.com/lawanneuropati

4 komentar

Write komentar
Amir mahmud
AUTHOR
Rabu, 01 Maret 2017 14.38.00 WIB delete

Neuropati emang kadang di sepelekan. Saya juga begitu. Dulu saya pernah kesemutan saat di tengah mengendarai motor, bisa jadi juga itu gejala neuroati. Namun karena sekarang ada neurobion, saya jadi aman deh, mencegah lebih baik daripada mengobati, setuju nggak ?

Reply
avatar
Kamis, 02 Maret 2017 17.19.00 WIB delete

Yup, setuju. Harus selalu waspada sama gejala neuropati mulai sekarang ..

Reply
avatar
Ade Anita
AUTHOR
Sabtu, 04 Maret 2017 18.54.00 WIB delete

Eh...aku hilang fokus nih baca artikelmu yg keren dan lengkap ini. Anuu... Iti gimana caranya bikin widget gabungan beberapa gambar di halaman sebelum read more? Bagusss deh. Ajarin dong.

Reply
avatar
Senin, 06 Maret 2017 03.48.00 WIB delete

Apakah widget logo KEB dan BP yang dimaksud Mbak ? Atau yang mana ya ?

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...