Taman Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu

23:18 0 Comments A+ a-

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu adalah obyek wisata air terjun yang terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berada di lereng pegunungan Lawu, obyek wisata ini menawarkan kesejukan dan keindahan alam pegunungan. Sangat pas bagi yang hendak refreshing dari rutinitas harian yang melelahkan.

Karena letaknya yang berada di lereng pegunungan maka jalan menuju tempat ini menanjak dan berkelok. Jadi kalau mau ke sini persiapkan kendaraan baik-baik ya.
Dan saran saya, bila perginya berombongan sebaiknya berangkatnya pagi-pagi, supaya mendapat tempat yang cukup lapang untuk mengadakan kegiatan, karena semakin siang tempat wisata ini akan semakin ramai.

Dari lokasi parkir, kita masih harus berjalan agak jauh menuju loket pintu masuk. Kita bisa berjalan kaki atau naik kuda yang banyak disewakan. Di sepanjang jalan ini kita akan temui banyak penjual oleh-oleh. Jadi sambil jalan kita bisa mulai pilih-pilih, mau beli apa untuk oleh-oleh.
Air Terjun Grojogan Sewu

Dari loket pintu masuk kita akan menuruni ratusan anak tangga untuk menuju kompleks air terjun. Anak tangga ini hanya bisa dilalui dengan jalan kaki. Sepanjang jalan turun kita bisa menikmati segarnya hawa pegunungan dan suasana khas hutan pegunungan. Ratusan anak tangga ini lumayan bisa membuat kaki pegal, tapi semua itu akan hilang saat kita mulai melihat air terjunnya.

Ini dia air terjunnya ...
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Air terjun ini setinggi kurang lebih 81 meter. Kita diperbolehkan turun ke sungainya dan lebih mendekat ke air terjun, tapi ada peringatan untuk tidak melewati tali pembatas dan mandi di bawah air terjunnya.
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Dari air terjun ini masih ada jalur lanjutan ke seberang sungai. Di sana ada banyak tempat untuk kita bisa menggelar tikar dan beristirahat.

Yang namanya piknik nggak afdhol rasanya kalau tidak mencicipi kulinernya. Di dalam kompleks air terjun banyak warung yang menyediakan berbagai pilihan menu. Selain bakso dan soto ada yang spesial di Tawangmangu yaitu sate kelincinya. Silahkan dicoba, harganya Rp 10.000 per porsi.
Warung Makan Di Kompleks Air Terjun

Sudah puas menikmati air terjun dan kulinernya, bersiaplah kembali ke atas. Untuk kembali ke atas, kita harus menaiki anak tangga di jalur yang berbeda dengan saat turun. Dan dijamin lebih ngos-ngosan saat kita naik dibanding pas turun tadi. Tapi jangan khawatir, disediakan beberapa tempat duduk bagi yang ingin beristirat sejenak.
raturan anak tangga

Oh ya, harap hati-hati karena di Tawangmangu banyak kera yang kadang-kadang mengambil barang bawaan para pengunjung. Masukkan barang-barang berharga ke dalam tas dan jaga baik-baik. Kalau yang diambil makanan mungkin tidak mengapa, tapi kalau kamera saku atau handphone yang diambil, pasti nggak rela kan ?
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Tawangmangu adalah daerah pegunungan yang banyak menghasilkan buah, sayur dan ubi-ubian. Beberapa jenis tanaman hias dan produk olahan seperti grubi, keripik ubi ungu banyak dijual sebagai oleh-oleh. Silahkan dipilih ( dan dibeli tentunya, he !)
oleh-oleh buah

Anda tertarik berwisata ke Air Terjun Grojogan Sewu ? Silahkan berkunjung . . .

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...