BOLU KUKUS MEKAR...OH BOLU MEKAR

05:56 1 Comments A+ a-

Gagal membuat bolu mekar, sudah banyak yang mengalami. Bolu mekar enggak mau ketawa atau malah bantat, pasti bikin penasaran. Tapi bagaimana kalau dulu sudah pernah sukses membuat bolu mekar ketawa ( walaupun enggak ngakak ), dan sekarang gagal lagi. Nah itu baru bener2 bikin penasaran.

Sebenarnya ingat lagi sama bolkus mekar itu karena ada mikser baru di rumah. Ingin sekali menguji mikser baru untuk berbagai keperluan, termasuk membuat bolu mekar. Setelah mereview lagi tip membuat bolu mekar yang saya tulis sendiri, he , maka dicoba lagi membuat bolu mekar ini sekaligus mencoba mikser baru.

Dulu saya memakai resep bolkus mekar tanpa emulsifier, tapi dengan penambahan kuning telur, karena saat itu saya belum menemukan emulsifier yang halal. Tapi sekarang sudah ada emulsifier yang halal, jadi bisa ikut memakainya walaupun dalam jumlah yang sedikit saja.

Ini pertama kali mencoba metode all in one, yaitu dengan mengocok semua bahan bersama-sama. Dan hasilnya, bentuknya bikin geli. Bolkusnya memang mekrok, tapi menurutku sih agak bantat dan bagian bawah agak menciut setelah dingin. Entah salahnya dimana. Mungkin karena saya hanya memakai emulsifier 1 sdt, sedang dalam resep 1 sdm. Tapi kalau harus memakai emulsifier sebanyak itu, aduh ...

Bolu Kukus Mekar
Bolu kukus dengan metode all in one

Yang paling terakhir saya kembali mengeksekusi bolkus mekar dengan resep seperti di bawah ini.

Bahan – bahan :

2 butir telur
225 gr gula pasir ( saya giling dengan blender agar lebih halus )
1 sdt penuh emulsifier
250 gr terigu segitiga
160 ml sprite
pewarna makanan sesuai selera

Cara membuat :

  • Kocok telur, gula dan emulsifier hingga putih dan kental ( saya kurang lebih 10 menit ).
  • Masukkan terigu dan sprite bergantian dalam 2 tahapan, aduk balik hingga rata.
  • Ambil sebagian adonan, beri warna sesuai selera.
  • Tuang adonan putih ke dalam cetakan, taruh adonan warna di atasnya hingga hampir penuh.
  • Kukus hingga matang kurang lebih 25 menit. 

Hasilnya lumayan mekar ...
Bolu Kukus Mekar

Oya ini ngukusnya pakai dandang yang beda dengan sebelumnya, karena dandang lama rusak, akhirnya beli baru dan kapasitasnya lebih banyak.
Tapi bolkus nya kok meninggalkan sedikit rasa pahit ya. Apakah emulsifiernya telalu banyak ya ?!

Kalau bolkus yang mekar merekah ini beda lagi resepnya. Gara-gara telur di rumah ukurannya gedhe-gedhe, jadi resepnya saya modifikasi sendiri.

Bolu Kukus Mekar

Alhamdulillah bolkusnya mau mekar semua. Penasarannya sudah hilang 90% nih.

1 komentar:

Write komentar
Dewi naoli
AUTHOR
Selasa, 17 Januari 2017 15.14.00 WIB delete Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...