Butternut Cookies

Sebenarnya dari dulu saya ingin mencoba resep kue kering kacang. Tapi yang saya bayangkan adalah kue kacang berbentuk bulan sabit yang atasnya berwarna kekuningan seperti yang dijual di warung-warung. Tapi pernah kejadian, sudah beli kacang tanahnya, sampai kacangnya bulukan belum juga sempat bikin. Makanya, saya berpikir dua kali untuk bikin kue kacang versi jadul ini.

Nah, waktu saya lihat resep Butternut Cookies NCC ini, cara membuatnya lebih praktis. Tak perlu menghaluskan kacang tanah karena resep ini menggunakan selai kacang yang siap pakai. Dan nggak perlu mikser juga lho, karena semua bahan tinggal dicampur dan diaduk hingga kalis.

Berikut resepnya :


Kue Kering Selai Kacang
sumber : Buku 60 Resep Cake & Cookies NCC

Bahan-bahan :

250 gr terigu protein rendah
125 gr selai kacang creamy
100 gr gula halus
1/2 sdt garam
1 sdm susu bubuk
100 ml minyak goreng
1 sdt mentega
Olesan : kocok lepas 3 kuning telur dan 1 sdt susu cair

Cara membuat :

  1. Siapkan loyang kukis, oles tipis dengan mentega/margarin atau alasi dengan kertas bakar anti lengket.
  2. Kecuali tepung terigu, aduk semua bahan hingga rata.
  3. Masukkan tepung terigu secara bertahap sambil diaduk hingga rata.
  4. Bentuk adonan bulat-bulat, tata dalam loyang, panggang hingga setengah matang. Angkat.
  5. Oles bagian atasnya dengan bahan olesan, panggang lagi hingga matang. Angkat, biarkan dingin.
  6. Simpan dalam toples kedap udara.
Kukisnya renyah, kress bila digigit dan manis banget kalau menurut lidah saya. Tapi pernah saya kurangi gulanya jadi 75 gram, kata ibu saya lebih enak yang lebih manis. Jadi ya udah, mending dibuat sesuai resep aslinya saja ya, he.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...