Butternut Cookies

23:05 0 Comments A+ a-

Sebenarnya dari dulu saya ingin mencoba resep kue kering kacang. Dulu saat masih anak-anak lihat kue kacang ini dijual warung-warung. Tapi pernah saya beli kacang tanah, nggak sempat dibikin sampai kacangnya bulukan. Jadi berpikir dua kali untuk bikin kue kacang versi jadul.

Nah, waktu saya lihat resep Butternut Cookies NCC di Buku 60 Resep Cake & Cookies sepertinya bisa menggantikan kue kacang ala jadul dengan resep yang lebih praktis. Tak perlu menghaluskan kacang tanah karena resep ini menggunakan selai kacang yang siap pakai. Dan cara membuatnya juga mudah karena tinggal campur-campur saja.
Berikut resepnya :


Kue Kering Selai Kacang
sumber : Buku 60 Resep Cake & Cookies NCC

Bahan-bahan :
250 gr terigu protein rendah
125 gr selai kacang creamy
100 gr gula halus
1/2 sdt garam
 1 sdm susu bubuk
100 ml minyak goreng
1 sdt mentega
Olesan : kocok lepas 3 kuning telur dan 1 sdt susu cair

Cara membuat :

  • Siapkan loyang kukis, oles tipis dengan mentega/margarin atau alasi dengan kertas bakar.
  • Kecuali tepung terigu, aduk semua bahan hingga rata.
  • Masukkan tepung terigu secara bertahap sambil diaduk hingga rata.
  • Bentuk adonan bulat-bulat, tata dalam loyang, panggang hingga setengah matang. Angkat.
  • Oles bagian atasnya dengan bahan olesan, panggang lagi hingga matang. Angkat, biarkan dingin.
  • Simpan dalam toples kedap udara.
Kukisnya renyah, kriuk dan manis banget kalau menurut lidah saya. Tapi pernah saya kurangi gulanya jadi 75 gram, ibu saya bilang lebih enak kalau manis. Jadi ya udah, mending dibuat sesuai resep aslinya saja. Semoga lebaran depan bisa bikin kukis ini juga untuk isi toples, he.

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...