Bolu Kukus Mekar Fanta Pink

16:01 0 Comments A+ a-

SAM_0184
Resep ini saya dapat dari sebuah buku seri masak Primarasa. Bahan-bahannya sama seperti pada resep bolu kukus mekar. Hanya saja kalau biasanya saya memakai sprite atau susu cair untuk cairannya, kali ini saya menggunakan fanta merah. Hasilnya, bolu kukusnya berwarna pink. Oh ya resep ini tanpa penambahan emulsifier. Hasilnya memang tidak mekar merekah. Tidak tahu juga penyebabnya, apakah ada salah penanganan, atau memang seperti itu bila tanpa emulsifier.
Resepnya sebagai berikut :

Bahan-bahan :

2 butir telur
2 kuning telur
250 gr gula halus ( saya pakai gula pasir )
225 gr tepung terigu
175 ml fanta merah
pewarna makanan merah tua

Cara membuat :
  1. Didihkan air dalam dandang dengan api besar, bungkus tutup dandang dengan serbet. ( bisa dilakukan saat pengocokan berjalan separuh waktu )
  2. Kocok telur, kuning telur dan gula pasir dengan mikser berkecepatan tinggi hingga kental. ( saya memakai mikser Philips 35 menit )
  3. Masukkan tepung terigu bargantian dengan fanta dalam 2 tahap, aduk sampai rata.
  4. Pisahkan 100 ml adonan, beri warna merah tua.
  5. Masukkan adonan dalam cetakan bolu yang sudah di alasi kertas hingga agak penuh. Beri sedikit adonan warna merah di atasnya.
  6. Kukus selama 20 menit, jangan buka-buka tutupnya.
  7. Angkat, lepaskan dari mangkuk cetakan. 
untuk : 15 buah

Membuat bolu mekar memang menjadi tantangan tersendiri. Apalagi bagi pemula yang masih belajar membuat kue. Bolu kukus kerap kali tidak mekar, bahkan bantat. Namun bila memperhatikan tip-tip nya, kegagalan mungkin dapat di minimalisir.
Selamat mencoba !
 

    Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...