Kue Kering Suguhan Lebaran I

17:09 0 Comments A+ a-


Sebentar lagi lebaran ...
Kepengen sekali bikin kue kering. Walaupun waktu sempit, tenaga minim, ya disempat-sempatin. Direncanakan sedemikian rupa supaya kegemaran membuat kue kering tidak mengganggu ibadah ramadhan.

Nastar
Yang pertama dibuat adalah nastar. Ceritanya ini nastar bunga. Dicetak memakai cutter cookies bentuk bunga. Bagian tengah ditekan supaya legok terus ditaruh selai nanas.. ( agak maksa sih buat legoknya ). 
Sebelum dipanggang, selainya nampak rapi di tengah, terlihat manis. Tapi setelah keluar dari oven kok jadi kelihatan berantakan ya. Selainya jadi lebih gelap warnanya setelah dipanggang. Tapi enak kok... ( paling tidak di lidah saya, he ! ).
Dari pengalaman ini, sebaiknya kalau mau membuat nastar bunga, mending pakai cetakan yang memang legok di tengah dan selainya pakai selai yang teksturnya halus supaya hasilnya rapi.


nastar bunga
Nah, kalau yang ini ceritanya adalah kue kering gula palem. Namun karena beberapa kali ke supermarket dan tidak menemukan gula palem saya memakai gula aren. Entah sama atau tidak kedua jenis gula ini, tapi warnanya mirip. Selain aroma gula aren, penambahan kayumanis bubuk membuat kue kering ini lebih wangi.

Namun kue kering ini kurang begitu memuaskan. Entah kenapa... terasa ada yang kurang pas.

Sebenarnya keinginan selanjutnya adalah membuat kastengel seperti kastengelnya NCC yang berbentuk bunga. Pas kebetulan saya sudah punya cetakan kukis bunga.  Namun setelah dipikir-pikir bahwa lidah saya tidak terlalu akrab dengan keju, maka rencana pun dibatalkan. Kastengel kan dominan sekali kejunya. Takutnya malah nanti nggak doyan dengan kuenya sendiri. 

Akhirnya bikin nastar keju saja. Nastar kejunya dibentuk bulan sabit. Sisa adonan yang tidak bisa dicetak,  dipulung jadi nastar bulat. Bentuk bulan sabit ini nyontek dari postingan sebuah blog ( dapurcabi.blogspot.com ). Ide dari blog tersebut cocok sekali buat saya.

nastar keju  bulat dan bentuk bulan sabit

Umumnya nastar itu bulat-bulat, tapi karena waktu yang terbatas, jadilah nastarnya dibentuk seperti ini. Nastar bulan sabit ini bisa dicicil pembuatannya dengan membuat kukisnya dulu. Lain waktu baru  dioles selai nanas dan tinggal tangkupkan kedua buah kukisnya. Oya, selain bentuk bulan sabit, dapat juga dibentuk bunga seperti di bawah ini. 


nastar keju bulat dan nastar keju bunga
Baca juga : Resep Kue Kering Nastar Bunga Dan Nastar Keju.
Kembang Goyang
Kembang goyang mungkin termasuk jajanan klasik. Rasa gurih manis dan bentuknya yang unik, menjadi daya tarik tersendiri. Berbahan baku tepung beras, dibutuhkan kesabaran ekstra untuk membuatnya. Kata temanku yang ibunya sering membuat kembang goyang, rasanya sudah enak, tapi penampilannya kurang manis, terlalu coklat. Mungkin karena terlalu panas apinya, jadi baru sebentar udah langsung berubah warna.


Jajanan ini memberikan variasi rasa tersendiri karena dimasak dengan cara digoreng, berbeda dengan kebanyakan kue kering yang dioven.

Puding Tape Hijau
Nah, yang terakhir ( walaupun bukan termasuk kue ) adalah puding tape ketan hijau. Membuatnya sangat mudah, yaitu mengikuti panduan di balik kemasan agar-agar bubuk.


Idenya dari tabloid Saji, namun takarannya disesuaikan dengan selera sendiri. Untuk warna hijau : gunakan agar warna hijau, kemudian tambahkan tape ketan hijau. Sedangkan untuk warna putih, ganti air dengan santan, beri daun pandan agar lebih wangi. Buat berlapis atau cetak sesuai selera.


Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...