11 August 2012

Resep Kue Kering : Nastar Bunga dan Nastar Keju

Selain identik dengan ketupat, lebaran juga identik dengan kue kering. Walaupun tidak semua orang membuat dan menyediakan kue kering seperti nastar atau kastengel, saat menjelang lebaran industri kue kering selalu laris manis. Saya pun termasuk penggemar kue kering. Melihat bentuknya saja, sudah sangat tertantang untuk bisa membuatnya. 

Berikut ini resep kue kering saya, yang diambil  dari berbagai sumber dan diutak-atik sendiri.

NASTAR ORIGINAL
 
Bahan-bahan :
250 gr margarin
75 gr gula halus
3 kuning telur
425 gr terigu protein rendah
27 gr ( 1 sachet ) susu bubuk 
25 gr maizena
selai nanas untuk isian
olesan : 1 kuning telur, campur dengan 1 sdt madu atau 1 sdt susu cair
Bahan selai nanas :
500 gr nanas parut
150 gr gula pasir
3 buah cengkih
4 cm kayumanis
1/2 sdt garam
Cara membuat selai nanas : 
Masak nanas parut, kayumanis, cengkih dan garam hingga air menyusut. Masukkan gula pasir, masak dan aduk terus hingga menjadi selai. Pulung-pulung ketika masih hangat. Untuk tahap-tahap pembuatan selai nanasnya dapat dilihat di sini.

Cara membuat nastar :
  1. Kocok margarin dengan gula halus sebentar saja asal tercampur ( gula halusnya sudah tidak nampak ), masukkan kuning telur kocok hingga tercampur. 
  2. Masukkan susu bubuk, maizena dan tepung terigu. Campur rata dengan sendok kayu. 
  3. Bentuk nastar sesuai selera. 
  4. Panggang 20 menit atau setengah matang, dinginkan. 
  5. Olesi dengan bahan olesan, panggang lagi hingga matang. 

NASTAR KEJU
Bahan-bahan :
250 gr margarin
75 gr gula halus
3 kuning telur
75 gr keju parut halus
350 gr terigu protein rendah
27 gr ( 1 sachet ) susu bubuk
25 gr maizena

selai nanas untuk isian
keju parut untuk taburan
olesan : 1 kuning telur, campur dengan 1 sdt madu atau 1 sdt susu cair

Cara membuat : sama dengan nastar original. Pada tahap 2 keju parut ikut diaduk bersama bahan yang lain. Pada tahap 5, setelah nastar dioles dengan bahan olesan, taburi keju parut, panggang lagi hingga matang

Catatan : 
Bila ingin rasa keju yang lebih dominan, keju dapat dinaikkan perbandingannya. Misal keju sejumlah 150 gr, maka tepung juga harus dikurangi 150 gram.  Saya sendiri tidak hobi banget sama keju, jadi pakai kejunya sedikit saja. Alhasil nastarnya tidak ngeju, tapi lumayanlah, enaak ..


*****************************************************************************
Variasi Bentuk Nastar

Nastar itu umumnya berbentuk bulat, tetapi boleh saja kita membuat variasi nastar dalam bentuk lain seperti bentuk bunga atau bulan sabit. Kita dapat mencetaknya dengan cutter cookies. Selain bentuknya yang menarik, mencetak nastar dengan cutter cookies  akan lebih menghemat waktu.
SAM_1139 blog1

SAM_1093 blog
SAM_1103 2 
Penyelesaian untuk nastar bunga dan bulan sabit, selai dioleskan setelah kue matang dan benar-benar sudah dingin. Caranya : ambil kukis, oles dengan selai, kemudian tangkupkan dengan kukis lainnya, simpan dalam toples kedap udara. Selain selai nanas dapat juga menggunakan selai stroberi atau lainnya. Keuntungan cara ini adalah kita dapat membuat kukisnya terlebih dahulu dan menyimpannya. Mengoles selai dapat dilakukan lain waktu. Cocok bagi anda yang tidak punya banyak waktu.

Untuk bentuk bunga yang ada legok ditengah, selai dapat ditaruh di tengah2 baru kemudian dipanggang. Gunakan selai yang teksturnya halus, misal selai strawberry. Bisa membuat sendiri atau membeli di swalayan. Untuk selai nanas buatan sendiri, karena teksturnya yang kasar dan kuat, menurut saya lebih cocok bila dipakai untuk isian nastar bulat.
nastar bunga selai blueberry
SAM_1062 blog1
nastar bunga selai nanas
nastar bunga selai strawberry
Dari bermacam-macam bentuk nastar, nastar bulat tetap yang paling saya suka. Walaupun perlu ketelatenan dalam membuatnya, kita akan puas ketika melihat hasilnya.
SAM_1143 blog1

****************************************************************************
Tips dan Trik Membuat Nastar
  1. Buat selai beberapa hari sebelumnya, agar tidak terlalu menyita waktu. Pulung-pulung untuk nastar bentuk bulat, sesuaikan dengan besar nastar yang kita inginkan. Bisa disimpan dulu sebelum digunakan.
  2. Margarin dikocok dengan gula halus asal tercampur saja, lamanya tergantung mikser masing-masing. Asal gula halus sudah tidak tampak maka itu sudah cukup. Tahap ini yang sering terlupakan ( termasuk saya yang masih pemula ), pengocokan yang terlalu lama akan membuat kukis melebar saat dipanggang.
  3. Aduk adonan dengan sendok kayu, jangan menggunakan tangan. Panas dari tangan dapat menyebabkan adonan lembek dan kukis melebar setelah matang. Bila terlanjur adonan kukis kita terlalu lembek, coba masukkan ke dalam kulkas 1/2 sampai 1 jam baru dicetak/dibentuk.
  4. Panggang kukis setengah matang, baru dioles bahan olesan/taburan. Dengan cara ini olesan tidak gosong dan kukis akan terlihat cantik.
  5. Saya sendiri tidak memakai patokan waktu dalam memanggang, karena saya memakai oven manual. Pada oven tangkring setelan api kompor akan mempengaruhi lama pemanggangan. Apalagi bila oven sering dibuka, waktu pengovenan bisa lebih lama. Yang penting bagian bawah kue sudah terlihat kecoklatan maka  kue saya angkat.
    Untuk oven saya ini paling pas bila menggunakan loyang ukuran 26 cm. Satu resep nastar di atas bisa ditata di 4 loyang ukuran 26 cm dan 2 kali pemanggangan.
  6. Lihat juga : Tips Membuat Kue Kering di blog ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...