RESEP KUE KERING : NASTAR BUNGA DAN NASTAR KEJU

Selain identik dengan ketupat, lebaran juga identik dengan kue kering. Saya pun termasuk penggemar kue kering dan selalu meluangkan waktu untuk membuatnya sebagai suguhan lebaran.
Berikut ini resep kue kering saya, yang diambil  dari berbagai sumber dan diutak-atik sendiri.

NASTAR ORIGINAL
 
Bahan-bahan :
250 gr margarin 
75 gr gula halus 
3 kuning telur 
425 gr terigu protein rendah 
27 gr ( 1 sachet ) susu bubuk  
25 gr maizena
selai nanas untuk isian

Olesan : 1 kuning telur, campur dengan 1 sdt madu atau 1 sdt susu cair

Bahan selai nanas :

500 gr nanas parut
150 gr gula pasir
3 buah cengkih
4 cm kayumanis
1/2 sdt garam

Cara membuat selai nanas : 
Masak nanas parut, kayumanis, cengkih dan garam hingga air menyusut. Masukkan gula pasir, masak dan aduk terus hingga menjadi selai. Pulung-pulung ketika masih hangat.
Baca juga : Resep Selai Nanas Untuk Nastar
Cara membuat nastar :
  1. Siapkan loyang kue kering, oles margarin tipis, atau alasi dengan kertas baking.
  2. Kocok margarin dengan gula halus sebentar saja asal tercampur ( gula halusnya sudah tidak nampak ), masukkan kuning telur kocok hingga tercampur. 
  3. Masukkan susu bubuk, maizena dan tepung terigu. Campur rata dengan sendok kayu. 
  4. Bentuk nastar, ambil sedikit adonan beri isian selai nanas yang sudah disiapkan, bulatkan. Tata di loyang kue kering.
  5. Panggang 20 menit atau setengah matang, dinginkan. 
  6. Olesi dengan bahan olesan, panggang lagi hingga matang. 

NASTAR KEJU

Bahan-bahan :
250 gr margarin 
75 gr gula halus 
3 kuning telur
75 gr keju parut halus
350 gr terigu protein rendah 
27 gr ( 1 sachet ) susu bubuk
25 gr maizena

selai nanas untuk isian, keju parut untuk taburan
olesan : 1 kuning telur, campur dengan 1 sdt madu atau 1 sdt susu cair

Cara membuat :
  • Sama dengan nastar original. Pada tahap 3 keju parut ikut diaduk bersama bahan yang lain. Pada tahap 6, setelah nastar dioles dengan bahan olesan, taburi keju parut, panggang lagi hingga matang.
  • Bila ingin rasa keju yang lebih dominan, keju dapat dinaikkan perbandingannya. Misal keju sejumlah 150 gr, maka tepung juga harus dikurangi 150 gram.  Saya sendiri tidak hobi banget sama keju, jadi pakai kejunya sedikit saja. Alhasil nastarnya tidak ngeju, tapi lumayan enak .


Variasi Bentuk Nastar
Nastar itu umumnya berbentuk bulat, tetapi kita dapat membuat variasi nastar dalam bentuk lain seperti bentuk bunga atau bulan sabit. Kita dapat mencetaknya dengan cutter cookies. Selain bentuknya yang menarik, mencetak nastar dengan cutter cookies  akan lebih menghemat waktu.
nastar keju

SAM_1093 blog


Penyelesaian untuk nastar bunga dan bulan sabit : setelah kukis matang dan sudah dingin, oles dengan selai, kemudian tangkupkan dengan kukis lainnya. Simpan dalam toples kedap udara. Keuntungan cara ini adalah kita dapat membuat kukisnya terlebih dahulu dan menyimpannya. Mengoles selai dapat dilakukan lain waktu. Cocok bila kita tidak punya banyak waktu. 

Nastar bisa juga kita bentuk dengan cetakan bunga yang legok di tengah. Bagian legoknya kita isi dengan selai sesuai selera, seperti selai strawberry. Pilih yang teksturnya halus. Bisa membuat sendiri atau membeli di swalayan.

Nastar Bunga Strawberry
nastar bunga selai blueberry
Nastar Bunga Strawberry
nastar bunga selai nanas
Nastar Bunga Strawberry
nastar bunga selai strawberry
Dari bermacam-macam bentuk nastar, nastar bulat tetap yang paling saya suka. Walaupun perlu ketelatenan dalam membuatnya, kita akan puas ketika melihat hasilnya.

nastar keju

Tips dan Trik Membuat Nastar
  1. Buat selai beberapa hari sebelumnya, agar tidak terlalu menyita waktu. Pulung-pulung untuk nastar bentuk bulat, sesuaikan dengan besar nastar yang kita inginkan. Bisa disimpan dulu sebelum digunakan.
    Selai Nanas

  2. Margarin dikocok dengan gula halus asal tercampur saja, lamanya tergantung mikser masing-masing. Asal gula halus sudah tidak tampak maka itu sudah cukup. Tahap ini yang sering terlupakan ( termasuk saya yang masih pemula ). Pengocokan yang terlalu lama akan membuat kukis melebar ( mbleber ) saat dipanggang.
  3. Aduk adonan dengan sendok kayu, jangan menggunakan tangan. Panas dari tangan dapat menyebabkan adonan lembek dan kukis melebar setelah matang. Bila adonan kukis kita terlalu lembek, coba masukkan ke dalam kulkas 1/2 sampai 1 jam baru dicetak/dibentuk.
  4. Panggang kukis setengah matang, baru dioles bahan olesan/taburan. Dengan cara ini olesan tidak gosong dan kukis akan terlihat cantik.
  5. Saya sendiri tidak memakai patokan waktu dalam memanggang, karena saya memakai oven manual. Pada oven tangkring besar api kompor akan mempengaruhi lama pemanggangan. Apalagi bila oven sering dibuka, waktu pengovenan bisa lebih lama. Yang penting bagian bawah kue sudah terlihat kecoklatan maka  kue saya angkat.
    Untuk oven saya ini, bisa menggunakan loyang ukuran 26 cm. Satu resep nastar di atas bisa ditata di 4 loyang ukuran 26 cm x 26 cm.
Baca juga : Tips Membuat Kue Kering.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸