Kue Kering Suguhan Lebaran II

07:34 0 Comments A+ a-

Bisa dibilang rencana membuat kue kering lebaran kemarin sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Dari mulai belanja bahan-bahannya sampai persiapan alatnya. Dipersiapkan dengan baik supaya saat masuk bulan puasa tidak perlu lagi sibuk mengurusi belanjaan yang belum beres. Pinginnya saat puasa dan ada waktu luang, tinggal dibikin aja. Berikut beberapa kue kering yang saya buat, siapa tahu ada yang menjadi inspirasi bagi anda.

Kue kering pertama adalah nastar bunga. Bahan-bahannya hampir sama dengan nastar bulat, hanya bentuknya saja yang beda. Nastar ini dibentuk dengan cetakan kukis yang legok di tengahnya. Isiannnya memakai selai strawberry buatan sendiri. Sebenarnya  bentuk bunga kecil2 lebih bagus, tapi bunga yang besar lebih menghemat waktu alias lebih cepat selesai. Kukis ini cukup renyah dengan selai strawberry yang rasanya asam-manis.


Baca juga : Nastar Bunga Strawberry.
Kemudian saya juga membuat nastar keju. Isiannya seperti biasa pakai selai nanas yang juga dibuat sendiri.

Nastar saya kali ini agak melebar di bagian bawahnya, jadi bentuknya tidak bulet. Lebih bagus buatan tahun yang lalu, bulatnya lebih bagus. Sepertinya disebabkan pengocokan mentega yang kelamaan. Atau mentega yang terlalu lama dibiarkan di suhu ruang sehingga pas dikocok cepet meleleh. Sebenarnya bisa diatasi dengan memasukkan adonan ke kulkas, tapi hitung2 waktu yang mepet, akhirnya waktu itu langsung dipanggang saja, dan hasilnya bagian bawah agak melebar. Tapi rasanya tetap enak, berasa kejunya dan ngeprul kalau digigit.
Kalau di fotonya tampak cantik ya, nggak kelihatan melebarnya. ( This is the art of photography .. he ! )

Putri Salju Keju.
Ini resep pemberian dari Kakak Ipar. Ceritanya ini resep favoritnya. Resepnya simpel, bahan-bahannya hanya beberapa macam saja. Belajar dari nastar sebelumnya yang ngocoknya agak kebablasan, untuk kali ini lebih hati2 supaya bentuknya bunder. Dan setelah jadi ternyata bentuknya enggak bulat, malah tambun. Entah ini bentuknya bener apa enggak yang pasti saya suka, malah terlihat lucu. Rasanya gurih keju di dalam ( cenderung asin malah ) dan manis di luar, lumer kalau digigit.


Putri Salju Kacang Mede.
Yang ini dibuat setelah lebaran. Lha sudah terlanjur memanggang kacang mede dan memblendernya, tapi hingga lebaran lewat belum juga sempat membuatnya. Kacang mede yang sudah halus itu akhirnya saya simpan dulu menunggu waktu luang. Akhirnya saat libur tiba, eksekusi ...


Resep putri salju ini agak saya modifikasi dari sumber aslinya. Rasanya lumayan manis, bahkan menurut saya terlalu manis sesudah dibalur gula halus. Dan bentuknya, masih tetep tambun, belum bisa bulet, he. Saya pikir kali ini bisa membuatnya lebih bulet, ternyata harus belajar lagi menaklukkan adonan kukis, supaya bentuknya tidak meleset dari bayangan kita.

Itu tadi beberapa kue kering lebaran saya. Kalau salah satunya bisa menjadi referensi anda, silahkan dicoba. Selamat berkarya !

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...