Terapi Gangguan Pernapasan Lebih Mudah Dan Nyaman Dengan OMRON Nebulizer

23:50 0 Comments A+ a-

Beberapa tahun lalu saya pernah mengalami keluhan gatal-gatal di tenggorokan. Sekilas seperti keluhan yang ringan dan tidak mengganggu. Namun keluhan yang terlihat ringan tersebut tak kunjung hilang bahkan kemudian muncul batuk-batuk seperti ingin mengeluarkan dahak. Karena semakin mengganggu saya kemudian memeriksakan diri ke Dokter spesialis paru. Setelah dilakukan pemeriksaan rontgent dan tes darah hasilnya saya didiagnosa asma. Sempat menggunakan nebulizer puff selama beberapa tahun hingga kemudian saya dapat lepas dari nebulizer puff tersebut.

Pengalaman saya  tadi hanyalah secuil dari sekian banyak pengalaman orang yang menderita asma. Di luar  itu masih banyak penderita asma yang mengalami keluhan yang lebih berat dan bila tidak mendapat penanganan dapat menuju kepada kondisi yang lebih buruk.

Penyakit Asma adalah proses peradangan saluran pernapasan yang menyebabkan saluran pernapasan menyempit, sembab dan penumpukan sekret yang menghalangi aliran udara keluar-masuk saluran pernapasan. Gejalanya kadang rancu dengan gangguan pernapasan selain asma. Untuk itu perlu dilakukan beberapa pemeriksaan untuk menyingkirkan penyakit lain dan memastikan bahwa penyakit tersebut adalah Asma. Seperti saya dulu, kalau tidak memeriksakan diri mungkin tidak akan ketahuan kalau saya menderita Asma. Bahkan waktu itu banyak yang menyarankan saya check dahak karena dikhawatirkan terkena Tbc. Nah kan, padahal beda banget lho penanganannya antara Tbc dengan asma.

Asma muncul karena "bakat" yang ada pada seseorang bertemu dengan "pencetus" seperti bahan allergen, debu polusi, bahan kimia, stress atau emosi dan infeksi pada saluran pernapasan itu sendiri. Dan penyakit Asma ini dapat dialami oleh segala usia mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga usia tua. Masing-masing orang bisa mempunyai pengalaman yang berbeda-beda pada saat mengalami kekambuhan, tergantung penyebab dan berat rungannya gangguan. Namun apapun itu, di saat asma menyerang perlu penanganan dan terapi yang tepat agar tidak menuju kondisi yang lebih buruk.

Gangguan Pernapasan pada penderita asma ini bisa mulai ringan berupa batuk-batuk ringan, batuk berdahak hingga keluhan yang berat berupa sesak napas hingga mengeluarkan suara mengi dan dada terasa berat. Pada gangguan yang berat ini sering dokter memberikan terapi yang bertujuan melonggarkan saluran pernapasan agar aliran udara keluar masuk ke paru-paru dapat berlangsung kembali.

Selain perawatan dengan obat yang diminum terapi gangguan pernapasan dengan inhalasi pada terbukti lebih cepat mengatasi gangguan dibandingkan dengan terapi melalui tablet / obat-obatan yang bisa diserap setelah melalui serangkaian proses dalam tubuh. Selain itu efek samping yang minimal menjadikan terapi inhalasi lebih nyaman bagi penderita asma.

Dulu banyak penderita asma yang mengalami serangan harus datang ke unit emergensi RS untuk mendapatkan terapi inhalasi. Bisa dibayangkan banyaknya waktu dan biaya yang harus dikeluarkan bila serangan asma sering muncul dan pergi ke klinik emergensi adalah satu satunya pilihan untuk mengatasi keluhan.

Namun kini dengan semakin majunya teknologi alat kedokteran terapi gangguan pernapasan dapat dilakukan di rumah dengan nyaman. Dengan OMRON nebulizer penderita asma tidak harus selalu datang ke klinik kesehatan saat asma menyerang.

Prinsip dari terapi inhalasi adalah mengubah obat yang berbentuk cair menjadi uap dan dihirup masuk ke dalam saluran pernapasan. Kadang-kadang uap ini disebut dengan istilah "asap" karena memang bentuknya menyerupai asap yang terlihat keputihan. Uap ini setelah dihirup masuk ke dalam saluran pernapasan dan bekerja pada sel target.

OMRON  selama ini telah memberikan produk-produk berkualitas untuk berbagai keperluan seperti termometer, tensi digital dan nebulizer. Saya sering menggunakan produk OMRON ini dan memang kualitasnya oke perawatan alatnya pun mudah.
Lalu apa saja sih kelebihan dari OMRON Nebulizer. Berikut beberapa ulasan saya :

#Suara halus
Apakah ada diantara teman-teman yang pernah bezuk ke rumah sakit dan melihat ada pasien yang sedang diterapi inhalasi. Bagaimana suaranya ? Sering terdengar suara melengking dan agak berisik saat proses inhalasi yang menarik perhatian orang-orang sekitarnya. Tentu saja ini menyebabkan kondisi yang tidak nyaman bagi penderita. Kalau disuruh memilih pasti lebih memilih alat yang suaranya halus. Nah, OMRON Nebulizer ini suaranya hening saat digunakan sehingga nyaman untuk penderita dan orang yang ada di sekitarnya.

#Mudah dioperasikan
OMRON Nebulizer mudah digunakan dan tidak memerlukan membuat rangkaian yang rumit dan lama sehingga bisa segera digunakan pada saat muncul serangan asma.

#Ringkas
OMRON Nebuliser mudah dipacking sehingga bisa disimpan di rumah dan leluasa untuk dibawa ke mana saja. Jadi tidak khawatir apabila harus bepergian selama beberapa hari dan harus membawa alat nebulizer.

#Kecepatan dan efisiensi
Kombinasi dari beberapa obat inhalasi membutuhkan alat yang bekerja dengan efektif dan dalam waktu relatif cepat. Bila tidak, waktu inhalasi menjadi lebih panjang dan bisa menyebabkan terapi berhenti di tengah jalan karena penderita kelelahan. Ini menyebabkan terapi kurang optimal. OMRON Nebulizer bekerja dengan kecepatan nebulasi 0,3-0,4 ml per menit dan dengan teknologi V.V.T menjadikan inhalasi lebih efektif dan sisa residu obat dapat diminimalkan.

#Tersedia berbagai tipe
Omron Nebulizer memberikan beberapa pilihan tipe yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Berikut beberapa tipe Omron Nebulizer yang bisa dipilih sesuai keperluan  :

Tipe NE-C801KD
OMRON Nebulizer NE-C801KD

Tipe NE-C801
OMRON Nebulizer NE-C801

Tipe NE-C28
OMRON Nebulizer NE-C28
Tipe NE-C803

OMRON Nebulizer NE-C803
Dan ada kabar gembira, untuk tipe terakhir ini sedang ada promo, yaitu cashback 20% bila membeli di Dino Market. Kita bisa memberikannya untuk orang-orang terkasih yang membutuhkan agar mereka dapat hidup lebih nyaman dengan OMRON Nebulizer.



Asma disebabkan karena bakat pada individu. Asma memang tidak bisa sembuh. Tetapi kita dapat mengendalikan asma dengan menghindari pencetus, menjalankan pola hidup sehat, olahraga teratur dan saat terjadi serangan memberikan terapi pernapasan terbaik sesuai anjuran medis. Dengan mengendalikan asma penderita akan terbebas dari gejala dan dapat menjalani hari-harinya dengan lebih produktif.

OMRON Nebulizers bisa didapatkan di :


Referensi :
- Pusat Data Dan Informasi Kementerian Kesehatan RI
- Micro site OMRON ( http://omron-nebulizer.com )
- Pengalaman pribadi

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...