TIPS MEMBUAT PUDING

Siapa tak kenal puding, makanan penutup yang begitu yummy dan menyegarkan. Siapapun bisa membuatnya. Namun kadang-kadang puding yang kita buat kurang cantik.

Berikut beberapa tip seputar membuat  puding :

  1. Supaya agar-agar bubuk tidak menggumpal saat dituang dalam rebusan air atau susu, campurkan dengan gula pasir, aduk rata, baru dimasukkan ke dalam rebusan.
  2. Bila menggunakan santan atau susu untuk membuat puding, masak dengan api sedang, terus aduk-aduk supaya santan tidak pecah ( air terpisah ).
  3. Pastikan agar-agar yang kita rebus benar benar telah masak dan mendidih agar dapat membeku dengan sempurna.
  4. Pada saat rebusan agar-agar kita angkat, jangan langsung dituang dicetakan.  Diamkan dulu beberapa saat supaya uapnya hilang. Uap air yang masih banyak membuat lubang-lubang kecil di permukaan puding. Jangan lupa beberapa kali diaduk agar bagian atas adonan agar tidak berselaput.
  5. Basahi cetakan dengan air supaya puding yang sudah beku mudah dilepaskan dari cetakan.
  6. Bila anda membuat puding berlapis, tuang lapisan kedua setelah lapisan pertama sudah setengah beku. Bila lapisan pertama terlalu kaku, lapisan puding kedua sulit untuk melekat erat. Sebaliknya bila lapisan sebelumnya belum beku, maka akan  bercampur dengan lapisan berikutnya.
  7. Agar lebih variatif, anda dapat membuat variasi rasa sendiri seperti menggunakan gula merah, jus buah sesuai selera atau menambahkan potongan buah-buahan atau selai rasa buah. 
Demikian tips membuat puding agar-agar. Semoga bermanfaat ...

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸