Seputar Anemia

05:38 2 Comments A+ a-


Apakah anda akhir-akhir ini sering merasa mudah lelah, lemas dan wajah tampak pucat ? Atau  jantung sering berdebar-debar dan napas sering tersengal-sengal ? Bila jawabannya “ya” mungkin anda menderita kekurangan sel darah merah atau anemia. Sel darah merah ( yang komponennya adalah hemoglobin ) berfungsi mengangkut oksigen  ke sel-sel tubuh untuk metabolisme dan membawa karbondioksida sebagai hasil akhir dari proses metabolisme. Bila kadar sel darah merah ini kurang dari normal maka jantung akan bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan oksigen tubuh.

Anemia bukanlah penyakit yang berdiri sendiri, namun merupakan gejala yang muncul karena penyakit lain atau kondisi yang menyebabkan turunnya kadar sel darah merah. Anemia dapat terjadi karena :

  • malnutrisi, sehingga menyebabkan kekurangan zat gizi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah seperti  zat besi, asam folat dan vitamin B12. 
  • perdarahan yang banyak saat menstruasi, akibat kecelakaan, pasca operasi atau adanya ulcer/tukak di saluran pencernaan.
  • keracunan logam berat penyakit atau gangguan pada sumsum tulang yang merupakan pusat produksi sel darah.

Defisiensi besi merupakan penyebab anemia yang paling sering terjadi. Biasanya disebabkan karena konsumsi bahan makanan yang kurang mengandung zat besi. Cara mengatasinya adalah dengan makan makanan bernutrisi dan kaya zat besi.

Berikut ini merupakan 10 makanan yang mengandung zat besi tinggi ( diurutkan bardasarkan kandungan zat besi tertinggi ) :
- telur ikan
- teri kering
- ikan peda
- rebon kering
- kerang
- kacang tholo
- sagu ambon
- kacang merah kering
- kacang kedelai - misoa

Berikut ini adalah 10 bahan makanan yang mengandung asam folat ( diurutkan berdasarkan kandungan asam folat tertinggi ) :
- ragi untuk roti
- hati dan ginjal ayam
- kacang kedelai
- tepung kedelai
- havermut
- corn flakes
- hati dan ginjal sapi
- hati dan ginjal kambing
- parsley
- merah telur

Sedangkan vitamin B12 dapat ditemukan pada hati, ikan, telur, susu dan produknya ( misal : keju ).

Namun perlu diingat jangan mengkonsumsi makanan tersebut berlebihan. Yang paling penting bagi penderita anemia adalah makan dengan menu seimbang. Lengkapi menu makan anda dengan vitamin yang cukup. Hindari makanan/minuman yang menghambat penyerapan zat besi, seperti teh dan kopi. Dan tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen besi dosis tinggi karena dapat menimbulkan masalah kesehatan lain.

Bila anda mempunyai keluhan yang memberat sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan laboratorium yang tepat sehingga dapat diketahui penyebab utama dari anemia anda.

2 komentar

Write komentar
Jelajah Nesia
AUTHOR
Sabtu, 17 Maret 2012 13.14.00 WIB delete

Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

Reply
avatar
Wahyu
AUTHOR
Sabtu, 17 Maret 2012 15.55.00 WIB delete

Buah kepelnya mengingatkanku pada masa kecil dulu...he

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...