Tips Membuat Kue Kering

19:55 0 Comments A+ a-


Membuat kue kering selain perlu kesabaran dan ketelatenan juga harus memperhatikan tips nya agar hasilnya maksimal. Berikut ini beberapa tip membuat kue kering yang saya kumpulkan dari berbagai sumber :
  • Pilihlah tepung yang berprotein rendah agar kue kering renyah hasilnya, kecuali memang disarankan memakai jenis yang lain oleh resepnya.
  • Ayaklah bahan-bahan kering ( terigu, maizena, baking powder, coklat bubuk dll ) agar bahan tercampur rata dan tidak menggumpal.
  • Anda dapat menggunakan margarin saja atau mentega dan margarin. Mentega selain enak rasanya juga harum aromanya. Namun tidak disarankan menggunakan mentega saja, karena katanya kukisnya akan rapuh. Sebaiknya mentega dipadukan dengan margarin, misal dengan perbandingan  1 : 1 , atau sesuai selera kita.
  • Pengocokan mentega/margarin dan gula jangan terlalu lama, agar air pada margarin tidak keluar. Asal tercampur saja sudah cukup. Untuk mentega sebaiknya tidak lebih dari 1 menit. Pengocokan yang terlalu lama akan menyebabkan kocokan mengembang. Hasilnya kukis akan melebar saat dipanggang dan hasilnya berubah dari bentuk awal sebelum dipanggang.
  • Bila menggunakan mentega, kocok mentega dalam keadaan beku supaya mentega tidak mencair sewaktu dikocok.
  • Aduk adonan perlahan, jangan terlalu kuat. Pengadukan yang terlalu kuat akan menyebabkan kue menjadi keras. Gunakan sendok kayu atau spatula untuk mengaduk, jangan menggunakan mikser/tangan.
  • Loyang sebaiknya diolesi mentega sekali saja saat pertama kali memanggang. Pengolesan margarine yang terlalu sering menyebabkan bagian bawah kue menebal/keras. Bila ingin yang lebih praktis tanpa perlu mengoles dengan margarin, anda dapat memakai kertas . Namun kertas bakar ini harganya lebih mahal dari kertas minyak/kertas roti.
  • Pengovenan : suhu untuk pengovenan kue jangan terlalu panas agar kue kering matang sempurna.
  • Simpan kue kering dalam toples bersih, kering dan kedap udara. Simpan saat kue kering sudah dingin betul dan tidak ada lagi uap. Uap yang masih tersisa menyebabkan kue kering tidak tahan lama. 
  • Bermacam-macam cara untuk mencetak kue kering di antaranya :
    menggunakan semprit
    Adonan disemprotkan memakai spuit yang bervariasi bentuk ujungnya.
    dengan cara disendoki
    Biasanya untuk kue kering yang banyak campurannya, seperti penambahan kacang-kacangan, cocho chips, meises, kelapa kering dll.
    dicetakAdonan digilas dengan ketebalan yang diinginkan kemudian dicetak dengan berbagai macam bentuk seperti bunga, bintang, daun dll.
    dipotongSebelumnya adonan dibentuk sesuai keinginan dan diistirahatkan di almari pendingin terlebih dahulu. Saat didinginkan mentega akan membeku sehingga adonan mudah dipotong.
kukis dicetak

dicetak dengan isian di tengah
nastar selai blueberry
Baca juga : Resep Kue Kering : Nastar Bunga Dan Nastar Keju.

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...