Cake Tape Singkong

Daerah saya, Godean, Yogyakarta, terkenal dengan oleh-olehnya tape singkong dan keripik belut. Namun begitu, saat ini tidak banyak penjual tape singkong di pasar Godean. Kalau  kebetulan produksi singkongnya sulit, maka otomatis tape pun tidak akan diproduksi.
Tape bisa dibuat menjadi beberapa variasi masakan. Selain dimakan begitu saja atau dibuat wedang tape, tape bisa diolah menjadi cemilan yang lebih menggoda, seperti cake atau bolu tape. Berikut ini salah satu resep cake tape yang dapat anda coba.

Bahan - bahan :
150 gram mentega
125 gram gula pasir
4 kuning telur

175 gram terigu
1 sdt baking powder

200 gram tape singkong
2 sdm susu kental manis
4 putih telur
50 gram gula pasir

Cara Membuat :
Haluskan tape dan susu kental manis, sisihkan.
( Saya haluskan tape dengan sendok garpu hingga seperti bubur )

 Panaskan oven, olesi loyang tulban dengan margarin, taburi tepung tipis-tipis.

Kocok mentega hingga lembut ( 1-2 menit ), tambahkan gula, kocok terus hingga halus dan berwarna pucat ( 2-3 menit ).
( Saya menggunakan 75 gram margarine dan 75 gram mentega-unsalted )
 

Tambahkan kuning telur satu per satu, kocok rata setiap penambahan kuning telur.

 Masukkan campuran tape, kocok rata dengan kecepatan rendah. Masukkan terigu dan baking powder, aduk rata.
( Saat terigu masuk saya aduk dengan spatula saja )
 

Di wadah yang bersih, kocok putih telur dan gula pasir hingga kaku ( soft peak ). 
 Masukkan putih telur ke dalam adonan terigu, aduk balik perlahan hingga rata.

Tuang ke dalam loyang tulban, panggang hingga matang.
( Karena loyang tulban saya agak kecil, saya gunakan papercup untuk sisa adonan - jadi 3 buah cupcake )


tampak atas


Siap dihidangkan . . .



No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸