ANEKA OLAHAN PISANG

18:26 2 Comments A+ a-

Pisang adalah buah yang sangat dikenal luas oleh masyarakat kita. Pisang kepok adalah salah satu jenis pisang yang sering ditampilkan dengan berbagai kreasi olahannya. Sebagai orang desa yang sangat familiar dengan pisang, mengenal variasi hidangan dari pisang sangatlah bermanfaat. Apalagi seperti saya yang beberapa minggu sekali memanen pisang dari kebun sendiri, tentu akan bosan bila snack pisang melulu direbus atau digoreng. 

Berikut ini alternatif snack dari pisang yang dapat anda coba :
  1. Pisang Rebus
    Yang ini paling mudah, tinggal direbus saja.
  2. Pisang Goreng
    Variasi pisang goreng sangat banyak, dari bentuknya maupun cara menghidangkannya.
  3. Carang Gesing
    Carang gesing adalah olahan pisang yang terbuat dari pisang kepok, gula, telur dan santan dan sedikit garam. Bahan-bahan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Carang gesing dapat dinikmati dalam keadaan dingin maupun hangat. Bila anda sulit menemukan daun pisang, anda dapat menggantinya dengan mangkuk tahan panas. Tentunya carang gesing yang dibungkus daun pisang akan mempunyai aroma tersendiri yang khas.
  4. Pisang Coklat
    Panaskan wajan datar tahan panas. Olesi margarin tipis. Ambil pisang kepok, kupas, pipihkan. Taruh pisang kepok di atas wajan datar, bolak-balik hingga matang. Panas-panas sajikan dengan ditaburi meises coklat. Tambahkan parutan keju bila suka.
  5. Lumpia Pisang Coklat
    Ambil satu lembar kulit lumpia, taruh pisang kepok yang sudah diiris memanjang ( sesuaikan dengan lebar kulit lumpia ), taburi meises coklat atau coklat serut. Goreng hingga matang. Saat dingin hias dengan coklat leleh ( lumpia ini sebaiknya dihias dengan coklat supaya orang tidak salah menyangka bahwa ini adalah lumpia sayur ).

2 komentar

Write komentar
kayumanisku
AUTHOR
Rabu, 21 November 2012 11.17.00 WIB delete

Syukur kalau bermanfaat. Selamat berkunjung kembali...

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...