Cup Cake - Cinnamon Cake

18:50 0 Comments A+ a-

Buttercake 2 Telur NCC

Bahan : 

120gr mentega
½ sdt vanili 
250 g gula pasir 
2 butir telur 
200 g tepung terigu 
1 sdt Baking Powder 
150 ml susu segar 

Bahan pelengkap:
Gula bubuk dan bubuk kayu manis secukupnya

Cara membuat :

  • Panaskan oven 180 derajat Celcius.
  • Kocok mentega, gula, vanili hingga mengembang dan pucat. Masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
  • Masukkan tepung dan susu secara bergantian, sambil diaduk hingga rata.
  • Oven hingga matang ( lebih kurang 30 menit untuk loyang kotak 22 cm, tinggi 3-4 cm ).
  • Angkat, dinginkan. Taburi gula bubuk dan kayu manis, potong-potong.

Resep cake ini bersumber dari NCC. Dengan resep dasar ini kita dapat membuat beberapa variasi cake seperti cake tape, marmer cake, cake pisang atau onbijtkoek. Bisa dibuat cup cake atau cake potong dan dihias dengan selera. Resep ini merupakan butter cake yang dibuat dengan 'creaming method' yaitu dengan cara mentega dan gula dikocok terlebih dahulu hingga lembut baru kemudian telur dimasukkan satu persatu, dan dilanjutkan dengan bahan-bahan kering.

Beberapa kali mencoba membuat cake dengan metode di atas hasilnya kurang memuaskan. Entah salah tekniknya atau faktor bahannya, tapi hasil cake nya terlalu padat menurut saya. Karena itu saya memilih metode kombinasi di mana putih telurnya dikocok terpisah. Dan karena dirumah tidak ada timbangan kue, bahan-bahannya kadang saya modifikasi sedikit agar mudah disiapkan.

Seperti cupcake yang saya buat ini saya pakai susu cairnya 100 cc saja. Hasil jadi : 7 buah cup cake ukuran sedang dan 2 buah cup cake ukuran lebih kecil.



Kalau dilihat teksturnya, kayaknya kurang set - masih agak basah. Mungkin waktu panggangnya perlu ditambah lagi beberapa menit. Oya, adonan cupcake ini saya beri 1 sdt penuh parutan kulit lemon. Ternyata, aroma jeruknya nggak begitu kuat. Mungkin kurang banyak atau kurang pinter marutnya ya ? Soalnya baru pertama kali ini memarut kulit jeruk..he.

Sedangkan resep yang berikut ini coba-coba modifikasi juga ...


Bahan - bahan : 

150 gr mentega
125 gr gula pasir
1/2 sdt vanili
3 kuning telur
200 tepung terigu
50 cc susu cair
1 sdt baking powder
3 putih telur
50 gr gula pasir
gula bubuk dan kayumanis bubuk untuk taburan

Cara Membuat :
Kocok mentega hingga pucat, masukkan gula, kocok terus hingga lembut.
Masukkan vanili, kocok rata.
Masukkan kuning telur satu per satu hingga tercampur.
Masukkan tepung bergantian dengan susu segar, dimulai dengan tepung dan diakhiri dengan tepung.
Dalam wadah bersih, kocok putih telur bersama gula pasir hingga kaku, masukkan ke dalam adonan tepung, aduk balik hingga rata.
Tuang di loyang, panggang hingga matang, lakukan tes tusuk.
Angkat, dinginkan. Setelah benar-benar dingin tabur dengan gula bubuk kemudian kayumanis bubuk.      

Cake yang di cetak di loyang manggangnya lebih simpel. Bisa disajikan dengan taburan gula bubuk dan kayumanis bubuk. Tapi yang dibuat cupcake, menurut saya lebih cepat matengnya. Mungkin karena cetakannya kecil dan adonannya sedikit jadi panasnya bisa cepat merata.


Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...