NASTAR BUNGA TEPUNG MOCAF

Mengapa dinamakan nastar, padahal selai yang dipakai bukan nanas, tapi blueberry. Karena memang resepnya pakai resep nastar, tapi ingin bentuk yang berbeda, jadi dibuatlah bentuk bunga dengan selai di tengahnya. Selai di tengah kukis lebih cocok pakai selai yang lembut, seperti selai strawberry atau blueberry.

Pertama kali membuat nastar bunga dengan tepung mocaf, saya melupakan satu hal : bahwa tepung ini lebih kering dibanding terigu. Takaran yang sudah saya kurangi dari resep nastar saya sebelumnya, ternyata masih kebanyakan. Hasilnya lumayan, walaupun aroma singkongnya masih ada, rasanya tidak jauh beda dengan nastar dari terigu.



Bahan-bahan :
175 gr margarin
75 gram metega
75 gr gula halus
3 kuning telur
300 gr tepung mocaf
100 gr tepung terigu protein rendah
27 gr ( 1 sachet ) susu bubuk
25 gr maizena
selai blueberry secukupnya
olesan : 1 kuning telur, susu cair.

Cara membuat :
  1. Kocok margarin, mentega dengan gula halus sebentar saja, masukkan kuning telur kocok hingga tercampur.
  2. Masukkan tepung,  susu bubuk, maizena. Aduk rata dengan sendok kayu.
  3. Gilas adonan, bentuk dengan cetakan kukis bunga yang bagian tengahnya legok ( = agak cekung ), isi dengan selai blueberry. 
  4. Panggang sebentar, olesi dengan bahan olesan, panggang lagi hingga matang.
Baca juga : Tips Membuat Kue Kering

1 comment:

  1. Hai mbak, terima kasih kunjungannya.
    Waktu itu di tempat saya ada lomba membuat makanan berbahan dasar tepung mocaf. Sisa tepungnya saya coba untuk membuat nastar ini.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸