BOLU MEKAR TANPA EMULSIFIER


Beberapa hari terakhir ini saya punya even sendiri yaitu “bolkus week ala saya”..he. Setelah berkali-kali gagal membuat bolu mekar, dan kemudian berhasil mekar,  saya masih ingin satu lagi, yaitu membuat bolkus tanpa emulsifier. Resepnya sama dengan bolu mekar yang dulu pernah saya tulis. Tapi sekarang saya memakai tepung terigu protein rendah. Gara-garanya banyak resep di milis yang menggunakan terigu protein rendah untuk  membuat bolu mekar. Jadi pingin nyoba juga, kayaknya hasilnya akan lebih empuk ya. Resepnya sebagai berikut :

Bolu Mekar Tanpa Emulsifier          
untuk : 20 buah

Bahan-bahan :
2 butir telur ( ukuran sedang )
2 kuning telur
225 gr gula pasir ( saya giling sebentar dengan blender )
250 gram tepung terigu kuci biru
175 ml sprite
pasta pandan

Cara membuat :
  1. Siapkan 20 cetakan bolkus, alasi dengan cup kertas.
  2. Siapkan dandang pengukus, bungkus tutup dandang dengan serbet. ( Saya mulai mendidihkan air saat adonan sudah mulai kental )
  3. Kocok telur, kuning telur dan gula pasir dengan mikser berkecepatan tinggi hingga kental. ( Dengan mikser saya kurang lebih 15 menit. Pada tahap ini adonan tidak jambul petruk, tapi saat wisk mikser diangkat adonan jatuh perlahan ) 
  4. Masukkan sprite bergantian dengan tepung terigu dalam dua tahapan sampai habis. Matikan mikser, aduk balik dengan spatula hingga rata.  ( Menurut saya adonan lebih encer dari adonan bolkus biasanya ) 
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan bolu yang sudah di alasi kertas hingga pas penuh.
  6. Kukus selama 10-15 menit dengan api besar, jangan buka-buka tutupnya. Angkat, lepaskan dari mangkuk cetakan.
Bolu Kukus Mekar Tanpa Emulsifier
 
Bolkus ini teksturnya lebih lembut dibanding dengan bolkus yang memakai terigu protein sedang. Tadinya sempat ragu bantet apa enggak kalau melihat adonannya yang terlihat agak encer. Eh ternyata tidak bantet dan tetap mau merekah.

4 comments:

  1. wah makasih ya mbak resepnya, salam sukses !

    ReplyDelete
  2. salam bun. kalao pakai tepung terigunya yg segitga tp curah bisa ngak ya. trus kalau yg dipasar2 itu masuknya tepung terigu protein apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas.
      Biasanya yang di pasar-pasar itu terigu serbaguna. Seharusnya tidak masalah untuk bolu kukus mekar.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸