Bolu Sakura Klasik

12:08 0 Comments A+ a-

                          Bolu Sakura Karamel


Bahan-bahan :
3 butir telur
100 gr gula pasir

200 gr tepung terigu

1/2 sdt b
aking powder
50 gr margarine
karamel : 150 gula pasir, 150 ml air
Cara membuat :
  1. Siapkan cetakan sakura, oles minyak sayur tipis-tipis.
  2. Ayak terigu bersama baking powder.
  3. Buat karamel : lelehkan 150 gr gula pasir dengan wajan anti lengket hingga kecoklatan dan menjadi karamel, tambahkan air bertahap, didihkan, aduk hingga tidak menggumpal. Selagi hangat masukkan mentega agar leleh.
  4. Kocok telur bersama sisa gula pasir hingga mengembang.
  5. Masukkan campuran terigu bertahap, bergantian dengan karamel dan mentega leleh, aduk melipat hingga rata.
  6. Tuang di cetakan sakura hingga ¾ penuh, kukus 20 menit.
untuk : 18 buah










Masih ada PR buat saya, yaitu belajar lagi supaya adonan yang ngantri paling belakang tidak bantat. Ada yang mau memberikan tips dan triknya ? Terima kasih sebelumnya !

Catatan :
  • Untuk membuat karamel, masak gula di atas api kecil agar tidak terlalu gosong sehingga menyebabkan aroma kue menjadi tidak enak. Kalau mau kue berwarna coklat, karamel memang harus sampai berwarna hitam. Kalau karamel hanya sampai warna coklat saja maka bolu sakura atau bolu karamel akan berwarna coklat muda dan cenderung pucat.
  • Saya lebih suka menuang adonan ke dalam cetakan hampir penuh. Saat kue matang tinggi kue akan melebihi cetakan dan ini mempermudah mengeluarkan kue dari cetakan.  

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...