Telur...Telur...Telur

14:47 0 Comments A+ a-


Telur merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat kita. Dalam berbagai hidangan selalu kita jumpai bahan satu ini. Merupakan sumber protein hewani yang mudah didapat dan harganya pun relatif murah bila dibanding makanan sumber protein lainnya. 


Berikut beberapa tips yang berkaitan dengan telur :
  1. Memilih telur
Untuk memilih telur yang masih segar dapat dilakukan dengan cara : masukkan telur-telur mentah ke dalam baskom berisi air. Bila telur tersebut tenggelam atau rebah berarti telur tersebut masih segar dan baru. Tapi jika telur berdiri tegak atau melayang berarti telur tersebut sudah lebih dari beberapa hari dan sebaiknya segera digunakan. Tapi bukan berarti bila telur mengambang adalah telur yang rusak. Pecahkan telur dalam mangkuk untuk mengetahui apakah telur tersebut masih layak konsumsi atau tidak. 
  1. Menyimpan telur
Telur yang masih segar dapat disimpan di almari pendingin selama 3-4 minggu. Simpan di rak yang sudah disediakan, bolak-balik posisinya setiap 2 hari agar kuning telur tetap berada di tengah. Jangan menyimpan telur dalam keadaan tertutup karena akan menyebabkan kulit telur lembab kemudian berjamur dan isi telur akan cepat rusak. Bila anda menyimpan telur di luar almari pendingin, sebaiknya tidak perlu dicuci, biarkan telur tetap kering.
  1. Merebus telur
Untuk merebus telur gunakan air yang cukup banyak ( hingga telur terendam ). Beri 1 sdm garam supaya telur tidak pecah saat air mendidih. Penambahan garam akan menaikkan titik didih air.
Setelah 10 menit dalam air mendidih telur biasanya sudah matang. Buang air rebusan telur, ganti dengan air dingin agar mudah dikupas. Untuk mendapatkan telur setengah matang, rebus telur dalam air mendidih selama 4 menit saja.
  1. Mengolah telur
Ada kalanya telur rebus masih dimasak kembali dengan berbagai kreasi. Berilah guratan pada telur rebus yang sudah dikupas agar bumbu lebih meresap dan tidak meletus saat digoreng.

Cara sederhana mengetahui apakah sebuah telur mentah atau matang : putarlah telur ( seperti gasing ) di tempat yang datar, bila telur tersebut berputar stabil dan cepat maka telur tersebut matang, namun bila tidak stabil/oleng maka telur tersebut adalah telur mentah.

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...