MENGHITUNG VOLUME KALENG

06:54 0 Comments A+ a-

Menghitung Volume Kaleng
Belajar hitung-hitungan seperti ini kadang saya lakukan kalau mau membuat cake sedangkan loyang di rumah berbeda dengan yang tertulis di resep. Loyang kotak maupun bulat sering saya hitung volumenya supaya tidak terlau beda jauh sama resepnya. Namun beberapa hari yang lalu saya pakai ilmu menghitung ini bukan karena mau bikin cake, tapi saat mau membuat puding sutra. Saya penasaran berapa sih sebenarnya volume kaleng SKM dan berapa cc jumlah air yang diperlukan untuk satu resep puding sutra.

Rumus volume kaleng bisa dipakai kalau di rumah tidak ada pembuka kaleng atau pembuka kaleng tiba-tiba rusak, sehingga tidak bisa mengukur air dengan kaleng SKM nya. Dan bukan hanya kaleng SKM, tapi semua wadah yang berbentuk tabung bisa dihitung dengan rumus ini, termasuk juga loyang bulat.

Yak, mari mulai menghitung ...

Untuk menghitung volume kaleng susu kental manis kita membutuhkan data-data sebagai berikut :


diameter kaleng : 7,2 cm  ( jari-jari nya : 3,6 cm )
tinggi kaleng      : 7,5 cm
rumus volume kaleng     = luas alas x tinggi
rumus luas alas kaleng   = 22/7 x ( jari-jari )2

Kita masukkan angka-angkanya :

luas alas 
=  22/7 x r ( jari-jari lingkaran )2 
= 3,14 x ( 3,6 x 3,6 )
= 3,14 x 12, 96
= 40,96


volumenya
= luas alas tabung  x tinggi
= 40,96 X 7,5
=  305

Nah jadi volume kaleng SKM adalah sekitar 305 cc. 

Baru belakangan saya sadar kenapa mesti pakai ilmu yang cukup rumit ini untuk menghitung volume kaleng/loyang. Sementara ada cara yang sangat praktis, yaitu dengan mengisi loyang dengan air hingga penuh. Ukur berapa cc air yang bisa masuk ke dalamnya, itu dia volumenya. Cara ini bisa dilakukan kalau di rumah ada gelas ukur.

Semoga bermanfaat !

Terima kasih telah berkunjung. Mohon maaf atas moderasi yang saya lakukan. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya ...