Simple Marble Cake

Di Buku 60 Resep Cake Anti Gagal NCC ada resep Simple Marmer Pound Cake. Motif marmernya sederhana, simpel tapi terlihat manis. Tiba-tiba tertarik untuk membuat cake marmer dengan motif seperti yang ada di resep itu.

Berpikir-pikir, bagaimana ya membuatnya. Bagaimana menaruh adonan coklatnya supaya dapat motif seperti ini. Setelah berpikir-pikir dan mendapat sedikit bayangan, kemarin malam saya coba membuatnya. Tapi pakai resep cake yang biasa saya buat.

Bahan - bahan :
100 gr mentega + 25 gr margarin
225 gram gula pasir
3 butir telur
200 gram tepung terigu
1 sdt peres baking powder
1/2 sdt garam
80 ml susu cair
± 2 sdm coklat bubuk
± 4 sdm air panas

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang loaf ( saya pakai 21cm x 9cm x 5cm ), oles margarin alasi kertas roti.
  2. Campur coklat bubuk dengan air panas, aduk hingga menjadi pasta. ( Pasta coklat jangan terlalu kental atau terlalu cair, sesuaikan dengan kentalnya adonan cake )
  3. Aduk tepung bersama baking powder dan garam, sisihkan.
  4. Kocok mentega dan margarin hingga lembut. Masukkan gula bertahap sambil terus dikocok hingga mengembang/berwarna pucat.
  5. Masukkan telur satu per satu. Kocok hingga rata setiap penambahan telur baru masukkan telur berikutnya.
  6. Masukkan tepung bergantian dengan susu cair, diawali dengan tepung dan diakhiri dengan tepung. 
  7. Ambil kurang lebih 75 ml adonan, campurkan dengan coklat pasta, aduk rata.
  8. Tuang ke dalam loyang, buat motif marmer, panggang hingga matang.
    ( Motif marmer : tuang kira2 setengah adonan putih di loyang, taruh adonan coklat di atasnya. Boleh pas ini dicoret ke sisi kiri-kanan loyang. Tuang lagi sisa adonan putih - taruh di tengah2. Adonan coklat dengan sendirinya akan terdesak turun ).

Ini penampakan cake saya ...
Simple Marble cake

Ini motif  yang di buku NCC, saya foto dari bukunya. Maaf agak blur ya ..

Simpel Marmer Pound Cake NCC

Bagaimana motifnya, he he. Sudah mendekati kah ?
O ya saran saya, gunakan loyang yang sedikit lebih besar. Bisa yang lebarnya 10 cm atau yang sedikit lebih tinggi. Karena loyangnya kecil, tersisa sedikit adonan, saya jadikan 3 buah cupcake.

4 comments:

  1. Slruuup... Sepertinya enak. #ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil coba-coba itu Mak, he.
      Terima kasih sudah mampir ya.

      Delete
  2. Hallo mb salam kenal,,, saya pernah mencoba buat pound cake ini tapi waktu penambahan telur ke mentegax adonan jadi pecah,,, knp yaa mb padahal telurx saya masukin bertahap,, makasi.

    Ina- NTB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba sambil dimasukkan terigunya sedikit-sedikit.
      Cake nya sendiri hasilnya bagaimana ? Baguskah ?

      Delete

Terima kasih telah berkunjung. Maaf komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. 🌼🌻🌸